Pessel Bidik PAD Sektor Pariwisata Rp2,5 Miliar

"Upaya-upaya tahun ini, pencapaian target dilakukan dengan maksimalkan semua potensi. Apalagi nanti pengembangan destinasi wisata carocok telah siap, sehingga optimis retribusi bisa meningkat"
Ilustrasi (net)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membidik potensi pendapatan asli daerah (PAD) sektor kepariwisataan mencapai Rp 2,5 miliar pada tahun 2018. Hal tersebut ditergetkan sesuai peningkatan pengembangan yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pessel, Wendra menyebutkan, target PAD sektor kepariwisataan tahun 2018 ini melebihi target tahun sebelumnya. Dimana tahun 2017 target PAD kepariwisataan ditargetkan mencapai Rp1,5 miliar dengan hasil Rp1,2 dari sejumlah potensi yang ada.

"Upaya-upaya tahun ini, pencapaian target dilakukan dengan maksimalkan semua potensi. Apalagi nanti pengembangan destinasi wisata carocok telah siap, sehingga optimis retribusi bisa meningkat,"sebut Wendra pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, selain ada peningkatan pengembangan kawasan wisata Carocok dalam menambah PAD. Tahun 2018 ini, juga melakukan pemungutan restribusi di kawasan wisata Mandeh untuk setiap momen libur dan hari libur panjang.

"Mandeh saat ini sudah kita fungsi dengan afektif dalam satu minggu menggenjot retribusi. Kemudian destinasi baru juga kita libatkan juga, dan tentu akan menjadi penambahan potensi PAD kita tahun ini,"jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya target yang melebihi tahun sebelumnya, pihak mengimbau masyarakat untuk mewujudkan destinasi wisata yang aman dan nyaman. Salah satunya, masyarakat juga ikut andil dalam memelihara lingkungan bersih disetiap kawasan wisata yang ada.

"Kami mengajak masyarakat untuk bekerjasama dalam mewujudkan destinasi yang aman dan nyaman. Sehingga bisa berkesan bagi pengunjung karena ini harus dilakukan secara bersama untuk target pencapaian di daerah kita,"pungkasnya. (Kiki Julnasri)