Roger Deakins, Sinematografer Legendaris Hollywood Peraih 14 Nominasi Oscar

"Roger Deakins meraih nominasi Oscar pertamanya melalui film drama The Shawshank Redemption"
Roger Deakins

KLIKPOSITIF-Sebuah film diciptakan dengan kerja keras banyak orang. Mulai dari aktor, sutradara, penulis naskah, dan kru pendukung lainnya . Salah satunya peran yang jarang diperhatikan penonton dalam produksi sebuah film adalah sinematografer atau Director of Photography (DoP).

Hollywood memiliki seorang DoP yang fenomenal. Roger Deakins, DoP satu-satunya yang pernah peraih 14 nominasi Oscar. Namun voter Oscar tampaknya selalu melupakan Deakins, karena dari sekian banyak nominasi tersebut, dia belum pernah sekalipun menyampaikan pidato kemenangan di panggung Academy Awards.

Sinematografer Inggris ini mulai dikenal publik melalui nominasi Oscar pertamanya melalui film drama The Shawshank Redemption. Roger Deakins telah malang melintang di Hollywood. Dia banyak bekerja sama dengan sutradara film terkenal hollywood dari berbagai generasi, seperti Martin Scorsese, Ron Howard, Coen Brothers, Sam Mendes dan Denis Villeneuve.

Dengan nominasi ke-14 yang diterima DoP berumur 78 tahun pada Oscar 2018, atas kinerjanya di film Blade Runner 2049. Ia memecahkan rekor sinematografer legendaris yang menerima 13 nominasi Academy Awards George J. Folsey, sebagai DoP yang mendapatkan banyak nominasi Oscar, namun tidak pernah meraih piala emas ini sekalipun.

Kita tunggu saja, akankah pada 90th Academy Awards  4 Maret mendatang, Roger Deakins meraih Oscar pertamanya. Ia akan bersaing dengan Hoytema van Hoytema dari film Dunkirk, Bruno Delbonnel dari The Darkest Hour, Dan Laustsen dari The Shape of Water, dan Rachel Morrison dari film Mudbound. Beruntung bagi Rachel, ia menjadi wanita pertama yang mendapat nominasi Oscar pada kategori Best Cinematography.

Fadil Ediz