The Artist, Film Bisu Peraih Film Terbaik Oscar 2012

"The Artist memecahkan banyak rekor"
Film the Artist (net)

KLIKPOSITIF-Aktor Prancis Jean Dujardin berperan sebagai George Valentin, seorang aktor terkenal hollywood era film bisu pada akhir tahun 1920 an. Film ini fokus pada perjalanan karir Valentin, mulai dari masa jaya sampai masa sulitnya, karena perkembangan film “bicara”. Dikisahkan juga hubungan romansa George dengan aktris muda bernama Peppy Miler, diperankan oleh aktris kelahiran Argentina Berenice Bejo.

The Artist bisa dikatakan film yang berani atau aneh. Di tengah arus film yang bertumpu pada efek visual, colorful, dan bujet yang besar, film Prancis ini malah melakukan sebaliknya. Dengan format hitam putih, tanpa suara atau bisu, dan aspek rasio yang tak biasa pada zaman film sekarang. Timesofindia.com menyebut film ini adalah penghargaan atau tribute bagi era film bisu hollywood tahun 1920 an.

Michel Hazanavicius, sutradara dan penulis naskah The Artist, terinspirasi membuat film ini, karena kecintaannya terhadap era film bisu hollywood, ia menyebut The Artist adalah surat cinta untuk sinema bisu hollywood.

Usahanya ini berbuah manis. The Artist memecahkan banyak rekor. Mulai dari, film bisu pertama yang memenangkan Best Picture Oscar sejak film The Wings pada tahun 1929, Jean Dujardin menjadi aktor Prancis pertama yang mendapat trofi Oscar pada kategori Best Actor, film hitam putih pertama yang mendapat film terbaik sejak The Apartement pada tahun 1961, dan masih banyak lagi.

Di depan layar, performa Jean Dujardin sangat karismatik dan mengagumkan. Damon Wise editor dari Empire menyebut hanya melalui senyum dan gerakan bahunya, Jean sudah membuat penonton jatuh cinta dengan karakter George Valentin sedari awal.

Pasangan Dujardin di layar Berenice Bejo, yang kebetulan adalah pasangan sutradara Michel Hazanavicius di dunia nyata, juga memberikan performa terbaiknya, tak heran ia mendapat nominasi Oscar pertamanya di kategori Best Supporting Actress. Film yang diproduksi di Prancis ini, juga ... Baca halaman selanjutnya