BPBD Pessel Imbau Warga Siaga Bencana

"Beberapa hari terakhir belakangan ini, Pesisir Selatan memang sering diguyur hujan serta angin kencang"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan mengimbau warga agar mewaspadai potensi cuaca hujan dan badai yang terjadi belakangan ini. Sebab, potensi cuaca buruk ini sangat rentan memicu bencana.

"Beberapa hari terakhir belakangan ini, Pesisir Selatan memang sering diguyur hujan serta angin kencang. Mengingat kondisi yang terjadi, kami imbau warga untuk senantiasa waspada," jelas Pelaksana Kepala BPBD Pessel, Khairul Effendi, Selasa 20 Februari 2018.

Ia menjelaskan, berdasarkan pengalaman bencana yang terjadi, wilayah ini sangat rentan dengan banjir dan longsor. Sebab secara topografi, Pesisir Selatan memiliki 22 aliran sungai dan mempunyai lereng dan punggung bukit yang rentan terhadap bencana.

"Terutama untuk masyarakat yang bermukim di sekitaran daerah pinggir pantai, muara sungai dan lereng bukit, karena wilayah ini sangat rentan dengan banjir dan longsor," terangnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memprediksi hujan dengan kapasitas sedang-lebat disertai angin kencang terjadi di hampir seluruh daerah di Sumbar, hari ini.

Peringatan dini yang dipublish BMKG Ketaping, potensi hujan disertai angin kencang itu diperkirakan terjadi pukul 10.45 WIB hingga 14.00 WIB termasuk pada malam hari.

Daerah-daerah yang berpotensi yaitu Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Pesisir Selatan, dan Mentawai. Kondisi itu diperkirakan akan meluas ke wilayah Tanah Datar, Payakumbuh, Kabupaten Solok dan sekitarnya. 

[Kiki Julnasri]