Pemkab Pessel Akan Bangun Tugu Ikan Mungkuih di Ranah Pesisir, Ini Alasannya

"Perencanaan tugu Mungkuih itu, dibangun sebagai pengganti tugu yang sudah terbangun sebelumnya."
Lokasi Akan Dibangun Tugu Ikan Mungkuih (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam waktu dekat bakal membangun Tugu Ikan Mungkuih di Kecamatan Ranah Pesisir sebagai ikon masyarakat. Tugu itu juga sebagai pengganti tugu lama yang dibangun di pertigaan pasar setempat.

Camat Ranah Pesisir, Zul Arzil menjelaskan, tugu Mungkuih tersebut sudah mendapat persetujuan bupati untuk menjadi ciri khas kacamatan setempat sesuai dengan potensinya. Perencanaan tugu Mungkuih itu, dibangun sebagai pengganti tugu yang sudah terbangun sebelumnya.

"Pembangunan tugu itu sudah merupakan intruksi langsung dari bupati kita. Karena Bupati menginginkan setiap kecamatan harus membangun tugu sesuai ikon wilayah masing-masing," jelas Zul Azril pada KLIKPOSITIF.

Ia menyebut, perencanaan tugu Mungkuih tersebut akan dibangunkan setinggi 6,5 meter persis dilokasi tugu yang pernah ada. Setidaknya untuk tugu itu, menelan biaya dengan anggaran Rp90 juta sesuai pengangaran pemda.

Sementara itu, Rizal MS (54) tokoh masyarakat setempat yang sekaligus
penggagas ide tersebut mengatakan, pendirian Tugu Mungkuih sebagai pengganti tugu yang sudah ada itu sangat tepat. Sebab, keberadaan tugu sebelumnya tidak menggambarkan ikon apa-apa yang hanya seperti obor api.

"Ide Tugu Mungkuih ini sebenarnya sudah lama muncul terbesit pikiran masyarakat. Namun, baru direspon dan itu sangat bagus,"ucapnya.

Menurutnya, perencanaan menegakkan Tugu Mungkuih sudah sangat tepat karena Ranah Pesisir sendiri memang terkenal dengan Ikan Mungkuih. Bahkan dengan terkenalnya, masyarakat setempat sering menggelar lomba mengaik Mungkuih.

"Itu diantaranya, khusus Nagari Pelangai Gadang, Lubuak Cubadak, Sungai Liku serta sekitarnya sejak dulunya memang ternama dengan Mungkuih. Sebab, sebagian masyarakat hampir setiap hari sebelumnya mengaik atau menembak Mungkuih di sungai," sebut Rizal yang juga berprofesi sebagai Seniman Seni Lukis, ... Baca halaman selanjutnya