Lembah Anai Longsor, Jalur Padang-Bukittinggi Merayap

"material longsor yang menimbun badan jalan membuat lalulintas lumpuh sejak Selasa malam"
Antrian Kendaraan di Singgalang Kering (Ferix for KLIKPOSITIF)

PADANG PANJANG, KLIKPOSITIF -- Jalur utama Padang- Bukittinggi tepatnya di Bukit Singgalang Kering, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar ditimbun longsor, sekitar pukul 23.00 WIB, Selasa (20/2) malam. Akibatnya, lalulintas lumpuh total hingga Rabu pagi.

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF, material longsor yang menimbun badan jalan membuat lalulintas lumpuh sejak Selasa malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hingga saat ini pembersihan material longsor masih dilakukan pihak terkait.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Dinas Badan Penanggulangan Bendaca Daerah (BPBD) Padang Panjang, Verino Romiko mengatakan, longsor dipicu oleh curah hujan yang berlangsung sejak Selasa sore kemarin hingga lereng bukit Singgalang Kering ambruk.

“Longsor dilaporkan terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Dimana, material longsor menimbun seluruh badan jalan yang mengakibatkan lumpuh total sejak tadi malam. Evakuasi material terus dilakukan satu atau dua jam lagi, arus kendaraa akan kembali berjalan," kata Verino Romiko, Rabu pagi.

Verino Romiko menambahkan, bencana longsor yang terjadi tidak menimbulkan korban jiwa ataupun adanya kerusakan pada kendaraan.

“Ya, untunglah saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas. Saat ini BPBD Padang Panjang berkoordinasi dengan instansi terkait telah melakukan evakuasi longsor,” sebutnya.

“Evakuasi dilakukan dengan menggunakan satu unit alat berat serta sejumlah petugas BPBD, personel Satlantas Polres Padang Panjang , untuk mengamankan lokasi serta mengatur lalulintas,” ujarnya.

Kasat Lantas Polres Padang Panjang, AKP, Aditiya L, mengatakan, hingga saat ini tim evakuasi masih terus melakukan pembersihan material longsor.

“Saat ini arus Padang- Bukittinggi, sudah mulai kembali bergerak. Ya, masih dalam kondisi padat merayap. Namun, kondisi itu tidak akan berlangsung lama. Hingga saat ... Baca halaman selanjutnya