Dalam Setahun, Tangkapan Ikan Tuna Sumbar Meningkat

"Hal itu kemudian berdampak pada pertumbuhan ekspor ikan tersebut"
Tuna beku atau Frozen Tuna adalah salah satu komoditi ekspor Sumbar di bidang perikanan (Vibizmedia)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mencatat, tangkapan dan produksi ikan Tuna di daerah itu mengalami peningkatan sejak beberapa tahun belakangan.

Hal itu kemudian berdampak pada pertumbuhan ekspor ikan tersebut yang mana telah merambah pasar Amerika Serikat dan Jepang.

Menurut catatan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, pada tahun 2017 jumlah produksi dan tangkapan ikan tuna untuk ekspor totalnya 422.773 kilogram.

Angka tersebut jauh meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2016 yang hanya 308.682 kilogram. Artinya jika dikalkulasikan, pertumbuhan tangkapan dan produksi ikan Tuna di Sumbar kurun waktu setahun mencapai 114.091 kilogram.

"Ada tiga jenis pengemasan Tuna yang diekspor, diantaranya adalah Fresh Tuna, Processed Tuna dan Frozen Tuna," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri.

Dari tiga jenis pengepakan tersebut, jika lebih dirinci, ekspor Fresh Tuna mencapai 258.253 kilogram, Processed Tuna mencapai 63.332 kilogram, dan Frozen Tuna di angka 101.188 kilogram.

"Untuk ekspor tuna itu dikirim ke Jepang dan Amerika. Untuk Jepang ikan Tuna segar dan beku dikirim lewat udara melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sekali sepekan. Lalu untuk olahan tuna dikirim ke Amerika setiap bulannya melalui jalur laut dari Pelabuhan Teluk Bayur," jelas Yosmeri.

[Joni Abdul Kasir]