Di Pessel, Satu Nagari Akan Miliki Satu Destinasi

"Mengingat banyaknya potensi nagari yang memiliki cagar budaya dan alam yang pantas untuk dikembangkan"
Pantai Carocok Salah Satu Wisata Andalan Pessel (KLIKPOSITIF)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal membenahi setiap nagari menjadi destinasi kawasan wisata khusus di daerah ini. Pembenahan nagari tersebut direncanakan satu nagari dengan memiliki satu destinasi.

"Mengingat banyaknya potensi nagari yang memiliki cagar budaya dan alam yang pantas untuk dikembangkan. Jadi nanti akan ada satu nagari satu destinasi,"sebut Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pessel, Wendra pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, perencanaan tersebut akan disusul dengan menyiapkan surat bupati untuk dijadikan dasar pembenahan. Satu-satunya perintah surat itu akan disesuaikan dengan potensi yang bakal dikembangkan nagari.

"Dengan surat bupati itu, masing-masing nagari diinstruksikan membuat perencaan sendiri. Sedapatnya 182 nagari memiliki kawasan khusus wisata masing-masing,"terangnya.

Lanjutnya, selain membuat kawasan wisata satu nagari, setiap nagari juga diminta berinovasi melakukan pembinaan olahraga. Setidaknya, setiap nagari berpeluang melakukan inovasi sendiri dalam pengembangan sesuai potensi nagarinya, terutama guna memanfaatkan dana desa.

"Nanti kami jugabakan siapkan regulasinya. Di mana pengunaan dana dana desa itu bisa membangun destinasi di nagari dan melakukan pembinaan olahraga di nagari,"pungkasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]