Waktu Eleanor Roosevelt Menjadi Pembalap Bobsled Olimpiade

"Kurang terkenal - tapi tidak kalah mengesankan"
Eleanor Roosevelt adalah istri pertama seorang presiden yang menghadiri sebuah pesta perdana tanpa suaminya. (Reader's Digest)

KLIKPOSITIF - Siapa yang siap untuk pelajaran sejarah? Eleanor Roosevelt adalah istri pertama seorang presiden yang menghadiri sebuah pesta perdana tanpa suaminya. Dia adalah orang pertama yang mengadakan konferensi pers Gedung Putih sendiri (di mana hanya wartawan wanita yang diundang untuk hadir). Dan dia yang pertama melanjutkan karir pasca-White House sukses sebagai diplomat.

Kurang terkenal - tapi tidak kalah mengesankan - adalah kenyataan bahwa dia adalah Ibu Negara pertama yang melakukan perlombaan mengikuti jalur kereta luncur Olimpiade.

Pada tahun 1932, Olimpiade Musim Dingin ketiga diadakan di Lake Placid, New York. Sebagai gubernur negara tuan rumah, Franklin Roosevelt mendapat kehormatan secara resmi membuka pertandingan. Tentu saja, dia membawa wanita pertama New York bersamanya.

Dilansir dari laman reader's digest, diantara pemberhentian mereka di hari dingin di bulan Februari itu, mereka makan siang di clubhouse di dekat jalan raya bobsled yang baru dibuka, Lake Placid.

Paul Stevens, salah satu dari empat saudara Stevens di tim bobsled Amerika, sedang menjelaskan seluk beluk kereta luncur negara yang canggih, Eleanor berkeinginan mengendarai kereta itu sendiri.

Stevens menyebutkan bahwa seminggu sebelum tim kereta luncur Jerman kecelakaan, Eleanor mengikatkan helm kulit di kepalanya, dan mengendarai kendaraannya. Sementara itu kereta luncur yang didorong oleh Henry Homburger melaju dengan kecepatan melebihi 60 mph dicoba pacu oleh Eleanor dengan mobilnya.

"Kereta luncur melewati 'zigzag,' serta serangkaian tikungan ganda. Dan beberapa saat kemudian terlihat melesat ke sisi gunung hingga ke tikungan terakhir. Ia menembaki dinding es dan turun lagi dan kemudian berlari di bawah jembatan finish dan mendaki lereng sampai menemui kemacetan lalu lintas," jelasnya.

Setelah itu, Eleanor muncul dengan senyum lebar di wajahnya. "Dia memuji Homburger atas keahliannya menangani ... Baca halaman selanjutnya