12 Years A Slave, Kisah Tragedi Seorang Budak Jawara Oscar 2014

"film ini dinilai berhasil menampilkan kekejaman masa perbudakan di Amerika Serikat "
salah satu adegan dalam 12 Years A Slave (net)

KLIKPOSITIF-12 Years A Slave berkisah tentang kehidupan Solomon Northup, diperankan Chiwetel Ejiofor, seorang violis professional. ia ditawari untuk ikut dalam rombongan sirkus sebagai pemain biola. Namun, bukannya tampil di panggung di hadapan orang ramai sambil memainkan biolanya, Solomon malah berada di dalam ruangan gelap dan kotor dalam kondisi tangan dan kaki dirantai. Dia dijebak dan dijual sebagai budak dari satu tempat ke tempat lainnya. Kehidupa damai dan bahagianya seketika berubah.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini, dianggap berhasil menampilkan kekejaman masa perbudakan di Amerika Serikat pada abad 18, dimana pada saat itu seseorang dinilai hanya dari warna kulit. Situs rottentomatoes yang memberikan rating 96% kepada film ini menulis, 12 Years A Slave sukses menggambarkan brutalnya zaman perbudakan USA yang digarap secara brilian.

12 Years A Slave tidak seperti film lain berlatar pada jaman perbudakan, yang menampilkan perjuangan protagonis dari penindasan sampai kebangkitanya. Meskipun tidak meninggalkan hal tersebut, film ini lebih berfokus kepada penggambaran eksplisit terhadap kesengsaraan yang dialami oleh bangsa kulit hitam dan kejinya perlakuan majikan budak tersebut.

Tom Huddleston kritikus dari Time Out menulis, film ini merupakan karya jujur bagaimana kondisi sebenarnya yang dialami ras Afrika-Amerika pada saat itu. Solomon Northup bukanlah seorang pahlawan seperti Django dari film bertema serupa Django Unchained, namun Northup adalah korban. Adam R. Holz editor dari Plugged In juga memuji film ini, ia menyebut 12 Years A Slave merupakan film yang paling realistis dalam penggambaran masa kelam USA ini sepanjang sejarah.  

Di ajang 86th Academy Awards pada tahun 2014, 12 Years A Slave meraih kesuksesan besar. Salah satunya, ini menjadi film pertama yang mendapat kemenangan di kategori Best Picture dengan sutradara dan penulis naskah dari sineas kulit hitam. Hal yang membanggakan, ... Baca halaman selanjutnya