Segera Beroperasi, Ini Tarif Kereta Api BIM

"untuk tarif yang digunakan tahap awal kemungkinan akan disubsidi pemerintah, hal ini diprediksi akan berlangsung satu tahun hingga dua tahun setelah KA Minangkabau Expres dioperasikan"
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan atau ingin menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) tidak lama lagi bisa menggunakan modal transportasi kereta api. Hal itu ditandai dengan sudah sampainya lokomotif dan gerbang kereta bandara tersebut di Padang.

Rute kereta api tersebut nantinya dari Simpang Haru Kota Padang - BIM, Kabupaten Padang Pariaman. Kereta api yang diberi nama Minangkabau Expres tersebut diperkirakan berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp40 ribu.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran, Sabtu, 24 Februari 2018 di Padang mengatakan, kereta yang akan mengangkut penumpang dengan rute Stasiun Simpang Haru menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) akan disubsidi pemerintah melalui APBN.

“Untuk tarif yang pasti akan berkisar antara Rp25 ribu sampai Rp40 ribu. Kebijakan tarif ini diharapkan tidak mematikan angkutan yang telah ada. Ini prinsip dalam meletakkan tarif angkutan umum. Kalau saya memperkirakan lebih pantasnya paling kecil Rp30 ribu dari Stasiun Simpang Haru sampai ke BIM tersebut,” sebutnya.

Ia mengatakan, untuk tarif yang digunakan tahap awal kemungkinan akan disubsidi pemerintah, hal ini diprediksi akan berlangsung satu tahun hingga dua tahun setelah KA Minangkabau Expres dioperasikan. Jadi Rp30 ribu itulah yang nantinya dibayarkan penumpang, sebab tujuan pengoperasian angkutan umum adalah dapat terjangkau oleh masyarakat.

“Kecepatan kereta api nantinya minimal 60 kilometer/jam. Untuk jarak 23 kilometer dari Stasiun Simpang Haru menuju BIM, kemungkinan hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Tapi untuk kepastian berapa waktu tempuh dan tarif resminya akan diketahui setelah ujicoba dilakukan, dan diperoleh kesepakatan bersama,” ujarnya

Ia menambahkan, berdasarkan rapat terakhir yang dilakukan dengan pihak perkeretaapian, kemungkinan ujicoba sarana dan prasarana akan segera dilakukan. Tak hanya untuk kereta api yang akan ... Baca halaman selanjutnya