Sumbar Provinsi Pertama Serahkan LKPD ke BPK

"penyerahan LKPD di waktu awal memberi penegasan bahwa Sumbar melakukan perbaikan dalam pencatatan dan pelaporan keuangan daerahnya"
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat berdiskusi dengan Kepala BPK Perwakilan Sumbar Pemut Aryo Wibowo di kantor BPK RI, Jalan Khatib Sulaiman Padang, Jumat (23/2). (Humas Pemprov Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menjadi daerah pertama yang menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Laporan keuangan tersebut diserahkan langsung Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan diterima langsung Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo, Jumat (23/2), bertempat di Gedung BPK RI Perwakilan Sumbar, Jalan Khatib Sulaiman, Padang.

Usai penyerahan LKPD tersebut, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, penyerahan LKPD di waktu awal memberi penegasan bahwa Sumbar melakukan perbaikan dalam pencatatan dan pelaporan keuangan daerahnya.

“Semoga pemeriksaan BPK di tahun ini dapat menjadikan Sumbar menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang keenam kalinya secara berturut-turut. Semoga predikat WTP yang telah diterima sejak tahun 2012 lalu dapat terus dipertahankan,” sebutnya.

Dikatakannya, sebenarnya LKPD ini sudah dapat diserahkan sejak Senin lalu ke BPK, namun karena banyaknya kegiatan baru dapat menyerahkan sekarang.

Irwan berharap dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang diserahkan pada April 2018 mendatang, pihak BPK hanya menjabarkan catatan yang lebih sedikit dibanding catatan-catatan tahun sebelumnya.

"Rasanya tak mungkin WTP tanpa ada catatan. Semoga catatan-catatan ini semakin berkurang. Walaupun faktanya ... Baca halaman selanjutnya