Pemprov Sumbar Bangun Satu Pelabuhan Baru di Mentawai

"Pembangunan ini akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat"
Kunjungan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit ke Mentawai (Istimewa)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berencana akan membangun sebuah pelabuhan di kawasan Bajau, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pembangunan tersebut untuk membantu kabupaten paling Barat itu keluar dari status tertinggal.

Rencana pembangunan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul abit saat berkunjung ke Mentawai. Menurut dia, pembangunan ini akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

Bahkan ia menilai, rencanan pemerintah tersebut disambut positif oleh masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan diserahkan tanah seluas 2 hektare ke pemerintah untuk pelabuhan.

Pelabuhan Bajau ini terletak di Pulau Siberut, sehingga tanah yang diberikan oleh masyarakat adalah tanah yang terletak di kawasan Siberut Barat dan Siberut Utara.

"Malah, saking mendukungnya, jika kemudian ada penambahan lahan untuk kebutuhan pengembangan pembangunan pelabuhan ini masyarakatpun siap," katanya.

Di sisi lain sebut Nasrul, pembangunan pelabuhan tersebut juga bagian dari pembangunan trans laut Mentawai jalur transpotasi laut dari tiga pelabuhan dimasing-masing pulau.

"Kemudian juga bagian dari Trans Mentawai jalan darat yang menelusuri tengah pulau, untuk memajukan warga disini," papar mantan Bupati Pesisir Selatan itu.

Terkait dengan rencana itu, Nasrul menyebutkan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membahas soal AMDAL dan hal-hal lainnya.

[Joni Abdul Kasir]