Bagaimana Menjaga Produktivitas di Tempat Kerja?

"Aturan emas nomor 1 bagi orang sibuk yakni prioritas"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Semua orang mendapat jumlah jam yang sama di siang harinya. Namun bagaimana kita memanfaatkan hari itu sebaik mungkin?

Dilansir dari laman reader digest, berikut tips yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi Anda yang sangat sibuk dan dikejar-kejar waktu.

1. Rencanakan pekerjaan
Aturan emas nomor 1 bagi orang sibuk yakni prioritas. Melanie Nelson, seorang manajer proyek dan pengarang Taming the Work Week, merekomendasikan untuk duduk di awal minggu dan membuat daftar yang harus Anda selesaikan selama seminggu. Sehingga setiap hari, Anda mempunyai tujuan dalam bekerja sehingga Anda bisa bekerja lebih produktif.

2. Gunakan waktu dengan bijak
Menggunakan waktu dengan bijak akan membuat Anda bisa bekerja lebih dalam sehari. "Anda memiliki waktu lebih dari yang Anda pikirkan. Hal itu tidak berarti Anda harus bekerja dari jam 6 pagi dalam bekerja, tapi cukup dengan menentukan dan menikmati ritme kerja Anda dengan bijak," kata Laura Vanderkam, pakar manajemen waktu.

3. Simpan kegiatan didalam kalender
Menggunakan kalender adalah salah satu cara terbaik untuk melacak sasaran jangka pendek dan jangka panjang. Beberapa orang menetapkan tenggat waktu menjadi perencana kertas, sementara yang lain lebih suka memetakan hari di ponsel atau laptop mereka. Tapi tidak masalah metode mana yang Anda pilih. "Ingatlah bahwa tidak ada aplikasi atau program yang akan menjadi solusi ajaib. Anda menjadi lebih baik dalam mengatur hidup Anda dengan meluangkan waktu untuk memahami apa yang tidak bekerja, dan kemudian memecahkan masalah itu. Anda pasti ingin mencuri kebiasaan orang-orang yang juga tidak pernah stres," kata Nelson.

4. Bekerja pada tujuan jangka panjang
Meskipun mudah terjebak dalam rincian sehari-hari, jangan lewatkan gambaran besarnya. "Orang-orang sukses menemukan waktu yang teratur untuk membuat kemajuan pada tujuan gambar besar yang ingin mereka ... Baca halaman selanjutnya