Target ZIS Pessel Capai Rp5 Miliar

"penghimpunan dana ZIS di Pesisir Selatan tahun 2017 sebelumnya mencapai capai Rp4,5 miliar dari target Rp3,6 miliar"
Ilustrasi (net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menargetkan dapat menghimpun Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp5 miliar pada 2018.

"Target ini sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Tahun (RKAT) 2018, dan ini akan kami himpun sebaik mungkin untuk realisasi sesuai kebutuhan dana ZIS di daerah kita," sebut Ketua Baznas Pessel, Supardi pada KLIKPOSITIF, Selasa 27 Februari 2018.

Ia menjelaskan, penghimpunan dana ZIS di Pesisir Selatan tahun 2017 sebelumnya mencapai capai Rp4,5 miliar dari target Rp3,6 miliar. Melihat kondisi ini, pihaknya optimis tahun 2018, target Rp5 miliar bisa tercapai guna mencakupi kebutuhan dalam menunjang percepatan program daerah.

Menurutnya, selain adanya target program sesuai RKAT Baznas Pessel, pihak lembanga pemerintah seperti, Dinas Pendidik dan Kemenag juga ikut mengemban program BAZ. Salah satunya dengan mengoptimalkan pemberian beasiswa di tingkat SD, SMP, SMA dan sederejat tahun ini.

"Jadi karena juga digenjot Disdik dan Kemenag terget beasiswa diprogramkan mencapai Rp3,1 miliar. Karena sebelumnya realisasi kita hanya sekitar Rp1,5 miliar tahun lalu," terangnya.

Selain penyaluran ZIS, untuk beasiswa, pihaknya juga mengoptimalkan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pengembangan modal UMKM, bantua beroat kurang mampu dan kegiatan keagamaan.

"Itu terdiri dari program Pesisir Selatan peduli, program beasiswa, program dengan pengembangan UMKM. Ditambah program unggulan lain, seperti bantuan berobat dan kegiatan keagamaan di daerah kita,"jelasnya. (Kiki Julnasri)