Birdman, dari Teater untuk Film

"hal paling menarik adalah kesan bahwa film ini diambil dengan satu take rekaman saja, seperti tanpa diedit"
salah satu adegan dalam film Birdman orThe Unexpected Virtue of Ignorance

KLIKPOSITIF-Birdman,The Unexpected Virtue of Ignorance jika dilihat dari judul dan posternya akan terlihat seperti film superhero penuh ledakan, adegan action dan visual efek. Namun, film ini bukanlah hal yang demikian. Ini merupakan film yang menyorot banyak hal, mulai dari esensi dari karya seorang seniman, definisi aktor sejati dan eksistensi diri. Hal ini terlihat dari adegan awal, melalui kutipan puisi Late Fragment karya Raymond Carver dan narasi awal dari Riggan Thomson, “bagaimana kita bisa berada disini”. 

Michael Keaton berperan sebagai Riggan Thomson,, seorang aktor yang dikenal melalui film berjudul Birdman, sebuah trilogi film superhero yang membuat namanya melambung pada awal 90an. Riggan yang sudah banyak dilupakan fansnya, mencoba peruntungan dengan membuat sebuah pertunjukkan teater Broadway. Namun, menjelang malam penampilannya, ia harus berjuang melawan alter egonya sendiri dan orang di sekitarnya yang membuat sulit keputusan berisiko Riggan tersebut.

Film ini berhasil digarap oleh sang sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu, dengan kemasan drama komedi satir yang menghibur dan menyentuh. Sarah Marrs kritikus dari Cinesnark menyebut, Birdman adalah film yang luar biasa, karya hebat dengan humor, absurditas, dan kesedihan serta inovatif dari segi teknikalnya.

Bicara mengenai teknik hebat film ini, hal yang paling menarik adalah kesan bahwa film ini diambil dengan satu take rekaman saja, seperti tanpa diedit. Hal ini merupakan ide dari Alejandro, untuk memberikan gambaran realistis mengenai cerita film ini, yang terinspirasi dari pertunjukan teater.

Tak salah Emmanuel Lubezki sinematografer film ini mendapat Oscar keduanya secara berturut, setelah sebelumnya ia menyabet Oscar di film Gravity. Dan setahun setelah film Birdman pada ajang Oscar 2016, Emanuel meraih Oscar beruntun ketiganya, pada film lain garapan Inarritu The Revenant. Gelar ini menjadikan Emmanuel, DoP pertama yang ... Baca halaman selanjutnya