DKPP Ingatkan Potensi Pelanggaran, Bawaslu Jelaskan Hal Ini

"Indonesia sangat serius dalam membangun demokrasi yang baik, dimulai dengan konstruksi penyelenggaraan pemilu yang tidak hanya untuk mencapai aspek prosedur "
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Serta Sosialisasi Situng Pemilihan Seretak 2018, Gelombang II hari pertama menghadirkan pembicara Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Ida Budhiati serta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan.

Dalam pemaparannya, Ida mengingatkan potensi pelanggaranan kode etik dalam penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara pemilihan kepala daerah (pilkada) maupun pemilihan umum (pemilu).

Dia menjelaskan bahwa negara Indonesia sangat serius dalam membangun demokrasi yang baik, dimulai dengan konstruksi penyelenggaraan pemilu yang tidak hanya untuk mencapai aspek prosedur dan menggugurkan aspek teknis tapi juga ingin hasil yang berintegritas.

Sementara itu Abhan dalam pemaparannya meyampaikan materi terkait standar pengawasan dalam pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil suara.

Dia mengingatkan agar penyelenggara pemilu selalu berkordinasi satu sama lain demi suksesnyapenyelenggaraan pemilihan 2018 maupaun pemilu 2019. Acara bimtek gelombang II sendiri digelar Hotel Horison, Kota Bekasi diikuti oleh 143 satuan kerja KPU, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota. (*)

Sumber: KPU