Spotlight, Surat Cinta untuk Jurnalisme

"Spotlight menggambarkan secara akurat cerita sebenarnya yang terjadi dan untuk menunjukkan kekuatan jurnalisme di tengah masyarakat"
salah satu adegan dalam film Spotlight (net)

KLIKPOSITIF-Spotlight diangkat dari kisah nyata pemenang penghargaan Pulitzer. Film ini bercerita tentang investigasi yang dilakukan koran The Boston Globe pada tahun 2001. “Spotlight” itulah nama tim yang menyelidiki kasus pelecahan seksual di gereja katolik ternama di Boston, Amerika Serikat, yang sudah terjadi beberapa dekade sebelumnya. Tim ini diperankan oleh aktor-aktor ternama hollywood, seperti Michael Keaton, Mark Ruffalo, Rachel McAdams dan Liev Schreiber.

Tom McCarthy sutradara dan penulis naskah film ini, pada awalnya menolak untuk menggarap Spotlight, karena ia menganggap ini merupakan peristiwa yang sensitif dan menyangkut banyak pihak, serta McCarthy sendiri juga dibesarkan dari keluarga katolik. Namun, setelah diskusi dengan Josh Singer, yang juga menjadi penulis Spotlight, sutradara yang dikenal dalam perannya sebagai wartawan melalui serial tv The Wire ini berubah pikiran, dan tertarik untuk menulis naskah film ini.

“Film ini dibuat bukan dengan tujuan untuk mengekspos keburukan pendeta gereja katolik. Melainkan, untuk menggambarkan secara akurat cerita sebenarnya yang terjadi dan untuk menunjukkan kekuatan jurnalisme di tengah masyarakat, hal yang sudah mulai memudar saat ini,” sebut Josh saat ditanya majalah Creative Screenwriting mengenai tujuan pembuatan film ini.

Spotlight disebut sebagai film yang dibuat sebagai “surat cinta” untuk jurnalisme, oleh James Rainey editor dari Variety. Ia berpendapat, Spotlight sukses dalam menggambarkan hal-hal yang terjadi sehari-hari di dalam dunia jurnalistik dengan apa adanya. Mulai dari pengungkapan fakta yang melelahkan, diskusi panas antar editor mengenai berita apa yang akan diangkat, dan kesabaran yang harus dihadapi oleh jurnalis ketika berhadapan dengan narasumber yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Dengan keberhasilan Spotlight dalam mengangkat kisah perjuangan jurnalis media cetak . Ann Hornaday editor ... Baca halaman selanjutnya