Pemerintah Harus Buat Terobosan, Tarik Minat Dokter Spesialis Bekerja di Daerah Terpencil

"Kekurangan dokter spesialis juga terjadi di berbagai daerah-daerah terpencil di Indonesia"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Anggota Komisi IX DPR RI Suir Syam mendapat informasi, Rumah Sakit dr. Zainoel Abidin (RSZA) di Aceh, yang notabene rumah sakit tingkat provinsi, masih kekurangan dokter-dokter spesialis. Untuk itu, ia mendorong pemerintah untuk membuat sebuah terobosan baru, yang bisa menarik minat dokter-dokter spesialis untuk mau bekerja dan mengabdi di daerah, maupun daerah terpencil.

“Kekurangan dokter spesialis juga terjadi di berbagai daerah-daerah terpencil di Indonesia. Untuk mengatasi hal itu, menurut saya pemerintah harus mampu membuat sebuah terobosan baru yang bisa menarik minat dokter-dokter spesialis agar mau bekerja dan mengabdi di daerah, khususnya daerah terpencil,” ujar Suir Syam usai meninjau RSZA di Aceh.

Politisi Fraksi Partai Gerinda yang sekaligus berprofesi sebagai dokter ini mencontohkan, dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang mumpuni, diharapkan dapat membuat dokter spesialis betah tinggal dan bekerja di daerah terpencil.

“Tidak hanya itu, untuk menarik minat dokter spesialis di daerah-daerah terpencil, juga perlu dilakukan sebuah strategi khusus. Misalnya dengan pemberian beasiswa belajar dengan perjanjian kontrak kerja bagi dokter spesialis,” imbuh Suir Syam.

Pada kesempatan itu, Suir Syam juga mengapresiasi fasilitas kesehatan yang diberikan Pemerintah Provinsi Aceh kepada RSZA. Bahkan Pemprov Aceh termasuk salah satu provinsi yang memberikan 100 persen universal health coverage kepada masyarakatnya. Artinya, pemerintah membiayai 100 persen premi jaminan kesehatan (BPJS) kepada masyarakatnya. (*)

Sumber: dpr.go.id