Indonesia akan Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Ulama dari 3 Negara

"Hal ini dikatakan Wapres JK setelah rapat tertutup dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin beserta beberapa ulama"
Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan keterangan pers usai pertemuan dengan MUI di Jakarta. (suara.com)

KLIKPOSITIF -- Wakil Presiden Jusuf Kalla membahas tentang persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah pertemuan para ulama dari tiga negara. Itu dilakukan untuk dialog perdamaian di Afganistan. Hal ini dikatakan Wapres JK setelah rapat tertutup dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin beserta beberapa ulama.

"Kami bicara tentang persiapan pertemuan para ulama Afganistan, Pakistan, Indonesia, yang Insya Allah dilaksanakan bulan ini," ujar Kalla di Kantor MUI, Jalan Proklamasi 51, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/3).

Kalla berharap dalam pertemuan nanti akan menghasilkan kesepakatan dari ulama Afganistan, Pakistan, dan Indonesia terkait upaya melakukan perdamaian di Afganistan. Rencananya dari masing-masing negara akan mengirimkan 15 ulama. Pertemuan ini akan berlangsung Maret di Jakarta.

"Itu sangat penting. Karena di Afganistan seperti Indonesia juga, suara alim ulama itu sangat penting. Jadi pertemuan ini hasilnya kami jadikan sebagai payung, sebelum ada pertemuan perdamaian yang lebih teknis," kata Kalla.

Lebih jauh, pertemuan ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan Wapres JK ke Afganistan pada akhir Februari 2018 lalu. "Jadi perlu ada payung dari sisi ulama, pandangan ulama atas perdamaian ini," kata Kalla. (*)

sumber: suara.com