Ini Imbauan Kanit PPA Padang Terkait Banyaknya Laporan Pelecehan Seksual

"Dari ke-13 kasus tersebut, rata-rata pelakunya didominasi oleh orang-orang terdekat korban"
Kanit PPA Polresta Padang, Iptu Rozsa Irwandi. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Padang, Iptu Rozsa Irwandi menyatakan maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kota Padang dengan adanya 13 laporan selama dua bulan terakhir, menjadi catatan penting bagi orang tua dalam menjaga anak-anak mereka.

Seperti diberitakan sebelumnya, selama Januari hingga Februari 2018 Polresta Padang mencatat 13 kasus kekerasan seksual terhadap anak sudah dilaporkan ke Polresta Padang . Dari ke-13 kasus tersebut, rata-rata pelakunya didominasi oleh orang-orang terdekat korban.

"Kebanyakan pelaku adalah orang terdekat korban, mulai dari saudara, tetangga hingga pacar korban sendiri. Dari kasus yang kami selesaikan, kebanyakan orang tua korban tidak menerima hingga melaporkannya ke kami," ujar Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Padang, Iptu Rozsa Irwandi, Selasa 6 Maret 2018.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena kedekatan pelaku dengan korban sehingga adanya niat untuk perbuatan tersebut. "Tidak hanya karena adanya niat, juga karena adanya kesempatan pelaku untuk melakukan tindakan kriminal terhadap anak," lanjutnya.

Sebab itu, kanit tersebut mengingatkan para orangtua agar selalu mengawasi anaknya dalam kehidupan, sehingga kesempatan pelaku melakukan pelecehan seksual dapat diminimalisir. Dengan begitu, pelecehan seksual terhadap anak bisa berkurang dan korban pelecehan seksual terus menurun di Kota Padang.

"Tanamkan nilai-nilai agama sejak dini, serta ajari anak sedari dini untuk tidak membolehkan disentuh terutama bagian yang sensitif oleh sembarang orang meskipun itu orang terdekat," ujarnya.

[Halbert Caniago]