Dies Natalis ke-36, FIB Unand Refleksi dan Evaluasi Diri

"Ulang tahun ke-36 ini FIB mengangkat tema Memperkuat Persatuan dan Keberagaman Budaya"
Dies Natalis FIB Unand Padang (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Moment Dies Natalies ke-36 tahun Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dimanfaatkan untuk refleksi dan evaluasi diri serta memperkuat jati diri di tengah masyarakat. Hal ini disampaikan langsung Dekan FIB Hasanudin usai pembukaan secara resmi Dies Natalies ke-36 tahun FIB oleh Wakil Rektor II Unand Syafrizal.

Dekan FIB mengatakan di ulang tahun ke-36 ini FIB mengangkat tema Memperkuat Persatuan dan Keberagaman Budaya. Tema ini merupakan upaya dalam memahami bahwa berbeda-beda dan beragam bukan sumber perpecahan tapi semakin memperkuat persatuan kesatuan.

"Harapan di tahun ini adalah evaluasi diri sehingga dapat memperkuat jati diri dan basis keilmuan yang mengembangkan keterampilan, baik secara keilmuan maupun di tengah masyarakat," ujar Hasanudin di Ruang Seminar FIB Unand, Rabu 7 Maret 2018.

Di usianya saat ini, capaian yang telah dilakukan salah satunya yaitu tentang penelitian yang menghasilkan produk nyata, salah satunya batik yang berasal dari riset. Kemudian terkait hak cipta dalam bentuk buku-buku, dimana FIB saat ini lebih banyak berkiprah dalam ide dan gagasan yang mengungkap soal nilai dan budaya.

"Namun secara capaian sebetulnya masih banyak lagi capaian yang belum terwujud seperti fasilitas, sarana prasarana, dan kebutuhan lain seperti dosen, prodi, maupun bangunan. Tapi secara internal kami mencoba memperkukuh dari dalam dengan memberikan makna kepada masyarakat akan keberadaan FIB," katanya.

Ia menambahkan saat ini tercatat 110 Dosen dan sekitar 1.700 mahasiswa yang ada di FIB. Ke depan ia berharap akan ada prodi lain yang dibutuhkan dalam pengembangan FIB ke depan seperi Bahasa Minangkabau, Pariwisata, dan program studi lainnya.

"Kami masih membutuhkan laboratorium, gedung pertunjukkan yang representatif, dan saat ini kami tengah mempersiapkan Pusat Minangkabau Dunia yang telah banyak mendapat dukungan, baik itu dari Diaspora Minangkabau Sedunia atau perkumpulan lainnya. ... Baca halaman selanjutnya