Dirazia Polisi, Puluhan Pelanggar Lalulintas Malah Rebutan Helm

"Tampak pemandangan yang cukup kontras"
Kasatlantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya memasangkan helm gratis pada pengendara saat Operasi Keselamatan Singgalang 2018 (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Satuan Lalulintas Polresta Padang menggelar Operasi Keselamatan Singgalang tahun 2018 di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kamis 8 Maret 2018 siang.

Operasi ini digelar untuk mensosialisasikan keselamatan lalulintas pada pengguna jalan. Kegiatan tersebut digelar di depan Mapolres Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Selama razia, biasanya banyak pengendara yang tidak menggunakan kelengkapan keamanan menghindar dari petugas. Namun pada operasi hari ini berbeda.

Pada saat operasi berlangsung, personel lalulintas Polresta Padang dikagetkan dengan kedatangan puluhan pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan pelindung kepala atau helm.

Tampak pemandangan yang cukup kontras, jika biasanya para pelanggar aturan tersebut menghindar, hari ini malah sengaja menemui petugas.

Saat ditelusuri ternyata kedatangan puluhan pengendara itu untuk meminta helm gratis yang memang dibagikan oleh polisi saat operasi berlangsung.

"Hari ini sangat mengejutkan, masyarakat yang biasanya menghindar saat kami melakukan operasi atau razia, saat ini malah menghampiri kami," kata Kasatlantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya.

Helm gratis tersebut memang biasanya dibagikan oleh personel kepolisian sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan keamanan berkendara.

Karena dikerubungi pengendara, kata Asril, semua helm yang disediakan oleh personel ludes, "Hari ini ada 30 helm yang kami sediakan," ujarnya.

Kendati diberi helm gratis, ia mengimbau agar masyarakat lain yang tidak kebagian bisa tetap menjaga aturan lalulintas demi keselamatan saat berkendara.

[Halbert Chaniago]