KI Putuskan Dishut Sumbar Harus Berikan Informasi Ini Pada YCM Mentawai

"Sengketa yang ditangani KI Sumbar tersebut karena tidak dipenuhinya keberatan atas permohonan informasi YCM Mentawai."
Majelis Komisioner KI Sumbar memutuskan YCM Mentawai berhak sebahagian atas informasi yang dimohonkan ke badan publik Dinas Kehutanan, Jumat 9/3 di ruang sidang KI Sumbar. (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Majelis Komisioner Komisi Informasi (MKKI) Sumbar memutuskan sebagian atas sengketa informasi antara Yayasan Citra Mandiri (YCM) Mentawai sebagai pemohon dengan Dinas Kehutanan Sumbar sebagai termohon.

Sengketa yang ditangani KI Sumbar tersebut karena tidak dipenuhinya keberatan atas permohonan informasi YCM Mentawai.

Informasi dan dokumentasi yang diminta YCM Mentawai kepada Dinas Kehutanan itu, yakni rencana kerja usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada hutan alam (RKUJPHHK-HA) PT Suma Salaki Sejahtera di Mentawai.

Informasi Rencana Kerja Tahunan Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu pada Hutan Alam (RKTPHHK-HA) PT Suma Salaki Sejahtera di Mentawai tahun 2015 dan 2016 beserta Peta RKT dan lampirannya.

Ketiga informasi peta konsesi IUPHHK-HA, dokumen Amdal IUPHHK-HA, dokumen izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada hutan alam dan dokumen rekapitulasi laporan bulanan dan tahunan pelaksanaan penatausahaan hasil hutan IUPHHK-HA PT Suka Salaki Sejahtera di Mentawai.

etua MKKI Sumbar Syamsu Rizal di sidang penyelesaian sengketa informasi publik, Jumat (9/3) memutuskan sebahagian atas informasi dan dokumentasi yang disengketakan pemohon terhadap termohon.

Menurut Syamsu Rizal semua dalil dan bukti diajukan persidangan telah menjadi pertimbangan majelis termasuk melakukan pendalaman terhadap persoalan sengketa informasi.

"Termohon bersikeras bahwa surat tembusan dari badan publik tidak kewenangannya memberikan, dari penjelasan UU 14 tahun 2008 pasal 1 jelas apa itu informasi publik," ujar anggota majelis komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi.

Informasi publik menurut pasal 1 angka 2 UU 14 tahun 2008 mengatakan informasi yang dihasilkan, ... Baca halaman selanjutnya