Korban Pelanggaran Data Bisa Tuntut Yahoo di Amerika Serikat

"Yahoo dituduh terlalu lamban mengungkapkan tiga pelanggaran data yang terjadi tahun 2013 dan 2016. "
Yahoo telah diperintahkan oleh seorang hakim federal untuk menghadapi banyak tuntutan hukum di Amerika Serikat (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Yahoo telah diperintahkan oleh seorang hakim federal untuk menghadapi banyak tuntutan hukum di Amerika Serikat yang mengklaim bahwa informasi pribadi dari 3 miliar pengguna telah disusupi dalam serangkaian pelanggaran data.

Hakim Distrik AS Lucy Koh di San Jose, California menolak tawaran dari Verizon Communications Inc, yang membeli bisnis Internet Yahoo bulan Juni lalu, untuk memberhentikan banyak klaim, termasuk karena kelalaian dan pelanggaran kontrak.

Koh menolak beberapa klaim lainnya. Dia sebelumnya menolak tawaran Yahoo memberhentikan beberapa klaim persaingan tidak sehat. Yahoo dituduh terlalu lamban mengungkapkan tiga pelanggaran data yang terjadi tahun 2013 dan 2016. Hal itu meningkatkan risiko pencurian identitas pengguna dan mengharuskan mereka membelanjakan uang untuk pembekuan kredit, pemantauan dan layanan perlindungan lainnya.

Dilansir dari laman reuters, pelanggaran tersebut terungkap setelah Verizon yang bermarkas di New York setuju membeli bisnis Internet Yahoo, dan mendorong penurunan harga pembelian menjadi sekitar $ 4,5 miliar.

Seorang juru bicara Verizon tidak berkomentar. Seorang pengacara penggugat tidak segera menanggapi permintaan komentar itu.

Penggugat mengubah keluhan mereka setelah Oktober lalu Yahoo mengungkapkan bahwa pelanggaran 2013 mempengaruhi 3 miliar pengguna, tiga kali lipat dari perkiraan sebelumnya.

Koh mengatakan bahwa pengunduran diri tersebut menyoroti pentingnya keamanan dalam keputusan penggugat untuk menggunakan Yahoo. "Tuduhan Penggugat cukup untuk menunjukkan bahwa mereka akan berperilaku berbeda jika terdakwa mengungkapkan kelemahan keamanan dari Sistem Surat Yahoo," tulis Koh.

Dia juga mengatakan penggugat bisa mencoba menunjukkan batas kewajiban dalam persyaratan layanan Yahoo tidak dapat diterima, mengingat tuduhan Yahoo mengetahui keamanannya kurang, namun tidak banyak.

Dalam mencari pemecatan, Yahoo ... Baca halaman selanjutnya