AS-Bangla Airlines Jatuh Saat Mendarat, 49 Tewas 22 Terluka

"Penerbangan UBG211 sedang dalam perjalanan ke Kathmandu dari Dhaka, Bangladesh. Pesawat naas itu dikatakan telah mengitari bandara dua kali sebelum mendarat."
Pesawat jatuh saat hendak mendarat. (news.cn)

KLIKPOSITIF - Empat Puluh Sembilan orang tewas dan 22 lainnya cedera setelah sebuah pesawat penumpang AS-Bangla Airlines jatuh saat mendarat di Bandara Internasional Tribhuvan Nepal (TIA) pada Senin siang waktu setempat.

Manajer Umum TIA Rajkumar Chhetri mengatakan bahwa pesawat AS-Bangla jatuh saat hendak mendarat karena kegagalan komunikasi antara pilot dengan menara kontrol.

Chhetri mengatakan bahwa pesawat Bangla yang membawa 71 orang termasuk empat awak kapal nyaris menabrak ekor pesawat Thai Airways yang diparkir di bandara.

Penerbangan UBG211 sedang dalam perjalanan ke Kathmandu dari Dhaka, Bangladesh. Pesawat naas itu dikatakan telah mengitari bandara dua kali sebelum mendarat.

Tim penyelamat terpisah dari Polisi Nepal dan Tentara Nepal dikerahkan untuk melakukan operasi penyelamatan segera setelah kecelakaan itu terjadi. Puluhan petugas pemadam kebakaran dan regu penyelamat bergegas ke lokasi kecelakaan, dan nyala api padam dalam waktu yang relatif singkat.

Bandara sementara ditutup untuk penerbangan internasional masuk dan keluar setelah kecelakaan tersebut. Korban luka sedang menjalani perawatan di rumah sakit setempat di Ibukota. Pejabat mengatakan bahwa jumlah korban tewas dapat meningkat lebih lanjut.

Dari total penumpang, 33 berasal dari Nepal, 32 dari Bangladesh, satu dari China dan satu dari Maladewa, menurut Otoritas Penerbangan Sipil Nepal.

Sumber: Xinhua.net