Pemkab Agam Deklarasikan Anti Hoax

"hoax bukan sekedar informasi palsu. Tapi lebih dari itu, informasi hoax yang kemudian menjadi viral di media sosial bisa memicu kegaduhan ditengah masyarakat."
Jajaran Pemkab Agam Deklarasikan Anti Hoax (AMC)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Agam mendeklarasikan Masyarakat Anti Hoax. Deklerasi ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Agam yang dipandu oleh jajaran Polres Agam, usai pelaksanaan apel pagi, di halaman Kantor Bupati Agam, Selasa (13/3).

Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Isman Imran, menyatakan deklarasi ini sebagai respon atas maraknya informasi di media sosial, yang kini cenderung menyajikan berita yang masih perlu dipastikan keakuratannya. "Oleh karena itu mari kita jaga stabilitas, situasi dan kondisi daerah yang sudah kondusif ini agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi yang tidak pasti," ajak Isman.

Menurutnya, hoax bukan sekedar informasi palsu. Tapi lebih dari itu, informasi hoax yang kemudian menjadi viral di media sosial bisa memicu kegaduhan ditengah masyarakat. Berita hoax tersebut dinilai bisa menghabiskan energi dan berpotensi menganggu keamanan stabilitas negara.

"Kita bertekad untuk tidak menggunakan hoax sebagai dasar informasi yang tidak jelas. Untuk itu, secara kolektif kita menolak dan tidak memberikan informasi hoax untuk diasumsi kepada masyarakat," jelas Isman.

Mengingat dampak negatif berita hoax, maka perlu diingatkan kembali kepada kepala OPD di lingkungan masing-masing OPD untuk memantau keberadaan akun-akun atau media sosial yang digunakan oleh pegawainya, sehingga sumber hoax itu tidak berasal dari pegawai.

"Mari gunakan media tersebut hanya untuk hal-hal yang positif dan produktif, karena banyak aspek kehidupan yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan, seperti mengembangkan usaha dan sebagainya," pungkasnya. [rel]