Periset Identifikasi Lebih dari 500 Gen Terkait Kecerdasan

"tim tidak hanya mengidentifikasi 538 gen yang terkait dengan kemampuan intelektual"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Sebuah studi yang dirilis oleh University of Edinburgh mengatakan bahwa sebanyak 538 gen yang berperan dalam kemampuan intelektual telah diidentifikasi oleh tim peneliti internasional.

Periset dari University of Edinburgh, University of Southampton, dan Harvard University telah membandingkan variasi DNA di lebih dari 240 ribu orang dari seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan mengetahui gen mana yang terkait dengan kecerdasan.

Dilansir dari laman xinhua, tim tidak hanya mengidentifikasi 538 gen yang terkait dengan kemampuan intelektual, namun juga menemukan 187 daerah dalam genom manusia yang terkait dengan kemampuan berpikir.

"Sementara itu, beberapa gen yang terkait dengan kecerdasan juga dikaitkan dengan kehidupan lebih lama," menurut penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Molecular Psychiatry.

"Diketahui bahwa lingkungan dan gen keduanya berkontribusi terhadap perbedaan yang diamati pada kecerdasan orang," kata salah satu penulis Profesor Ian Deary dari University of Edinburgh.

"Studi ini menambah apa yang kita ketahui tentang gen mana yang mempengaruhi kecerdasan, dan menunjukkan bahwa kesehatan serta kecerdasan terkait sebagian karena beberapa gen yang sama mempengaruhi mereka," kata Profesor Ian Deary.