Peserta UNBK di Bukittinggi Berjumlah 1.060 Siswa

"Ada beberapa sekolah swasta yang terpaksa menumpang ujian ke sekolah negeri"
Ilustrasi (Net)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Almisri mengatakan, peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri pada tahun ajaran 2018/2018 di Kota Bukittinggi berjumlah 1.060 siswa.

“Pada tahun ajaran 2016-2017 yang lalu masih banyak SMP yang melaksanakan UNBK menumpang ke sekolah lain. Namun pada tahun ini, mulai banyak dilaksanakan secara mandiri di sekolah masing-masing,” ujar Almisri, Selasa 13 Maret 2018.

Meski demikian, diakuinya masih ada sekolah yang terpaksa menumpang ke sekolah lain, karena perlengkapan komputer di sekolah itu masih minim.

Dari total 8 SMP negeri di Bukittinggi, 7 diantaranya akan melaksanakan UNBK mandiri. Hanya SMP Negeri 4 yang jumlah siswanya tidak sebanding dengan komputer yang ada, dan seluruh peserta UNBK itu telah didaftarkan ke Pusat Komputer Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Sementara dari total 8 SMP swasta di Kota Bukittinggi, ada beberapa sekolah yang terpaksa menumpang ke sekolah negeri.

“Untuk SMP Cahaya Hati bergabung administrasi ke SMP Negeri 5, SMP Djamil djambek Bergabung ke SMP Negeri 8, dan MTS Baiturridwan bergabung ke MTS Negeri 1, karena sekolah penyelenggara UNBK harus terdaftar secara resmi, yang dilengkapi dengan penyesuaian akreditasi sekolah,” jelas Almisri.

Pelaksanaan simulasi UNBK di Kota Bukittinggi telah dua kali dilaksanakan, dan simulasi terakhir akan dilakukan pada tanggal 28 Maret 2018, atau satu minggu sebelum pelaksanaan UNBK yang akan dilaksanakan pada 4 hingga 6 April 2018 mendatang. 

[Hatta Rizal]