Pemko Padang Perkuat Kelembagaan Panti Asuhan

"Anak yatim, fakir miskin, dan anak telantar di Kota Padang saat ini berjumlah sekitar 1.058 orang "
Kegiatan Penguatan Kelembagaan Panti Asuhan (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang melaksanakan kegiatan Penguatan Kelembagaan Panti Asuhan se-Kota Padang tahun 2018 di Hotel Padang, Selasa 13 Maret 2018. 

“Kita menyadari, para pengurus dan pengelola panti asuhan ada yang merasakan kewalahan dan kesulitan baik dalam pengelolaan panti asuhan maupun dalam memenuhi kebutuhan dasar anak asuh yang cukup besar. Untuk itu, kita perlu mendukung, salah satunya dalam penguatan kelembagaan agar semuanya berjalan sesuai Undang-undang yang diatur oleh pemerintah,” kata Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Pemko padang, Agustina.

Ia menjelaskan, bentuk penguatan kelembagaan dalam kegiatan tersebut diantaranya memberikan materi tentang menajemen pengelolaan kelembagaan panti asuhan. Selanjutnya upaya kemitraan panti asuhan dengan lingkungan masyarakat, serta strategi layanan edukatif di panti asuhan.

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, Selasa-Rabu (13-14 Maret 2018) yang diikuti 190 peserta dengan dibagi dua angkatan, antara lain terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan unsur pengurus panti asuhan sekaligus ketua RT/RW sekitar panti asuhan

Menurutnya, kegiatan penguatan kelembagaan bagi panti asuhan se-Kota Padang ini rutin dilakukan pihaknya setiap tahun. Hal ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam pemberdayaan bagi anak yatim, fakir miskin dan anak terlantar yang dikelola di panti asuhan se-Kota Padang.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Afrizal Khaidir mengatakan, secara terpadu keberadaan panti asuhan tersebut sangat penting, karena berupaya melakukan pemberdayaan bagi anak yatim, fakir miskin, dan anak telantar yang saat ini berjumlah sekitar 1.058 orang di Kota Padang. (rel.*)