Sampah Bukittinggi Capai 100 Ton Setiap Harinya

"Sampah bisa dijual ke Bank Sampah Mutiara Indah di kawasan Kelurahan ATTS"
Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias bersama Wawako Irwandi goro bersama membersihkan aliran Sungai Batang Agam (Istimewa)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyebut, saat ini ada sekitar 100 ton sampah setiap harinya di Kota Bukittinggi, yang mana sekitar 60 ton diantaranya adalah sampah keluarga.

Menurut Ramlan, sampah tersebut dapat diolah menjadi barang yang bernilai ekonomis, dengan cara mengumpulkannya lalu ditukarkan menjadi Rupiah di Bank Sampah Mutiara Indah di Kelurahan Aur Tajungkang Tengah Sawah (ATTS) Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi.

Ramlan berharap, Kelompok Dasawisma bisa peran penting dalam mensosialisasikan program Pemko Bukittinggi kepada masyarakat. Salah satunya, bagaimana menjaga kebersihan lingkungan, serta cara memilah dan memanfaatkan sampah menjadi nilai ekonomis.

“Kegiatan ini ditargetkan dapat menjadi salah satu poin bagi Pemko Bukittinggi dalam penilaian Adipura yang tengah dilakukan oleh tim penilai. Termasuk penilaian Adiwiyata, dimana perlu ditanamkan kesadaran untuk peduli lingkungan sekolah, yang dapat dilihat dari berbagai inovasi yang dilakukan oleh pihak sekolah bersama pelajar,” kata Ramlan, Selasa 13 Maret 2018.

Ramlan Nurmatias melanjutkan, banyak kegiatan yang telah dilakukan Pemko Bukittinggi dalam menjaga kebersihan, diantaranya gotong royong rutin setiap minggu yang dimulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan hingga tingkat Kota.

[Hatta Rizal]