Gubernur Sumbar Ingatkan Petugas untuk Tidak Beking Tambang Ilegal

"Gubernur menekankan seluruh kepala daerah agar meningkatkan pengawasan dan memperketat perizinan tambang"
Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

BATUSANGKAR, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menekankan kepada seluruh kepala daerah agar meningkatkan pengawasan dan memperketat perizinan pertambangan guna mengantisipasi kerusakan lingkungan.

Menurut gubernur, pengawasan dan memperketat perizinnan juga harus dilakukan pada tambang mineral dan galian C yang dalam beberapa tahun terakhir pelakunya kerap kucing-kucingan dengan petugas karena aktifitasnya ilegal.

"Pertambangan harus diawasi dan perketat izinnya. Itu juga tugas bupati dan wali kota, karena tidak mungkin diserahkan saja ke provinsi," kata Gubernur dalam rapat koordinasi pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota se-Sumbar tahun 2018 di Hotel Emersia Batusangkar, Selasa 13 Maret 2018.

Irwan Prayitno juga mengingatkan agar petugas tidak ikut bermain apalagi turut membekingi penambangan ilegal. Bila itu terjadi pihaknya tidak segan menindak. Jika pembeking atau pihak yang bermain dari pihak kepolisian atau TNI akan dilaporkan kepada wewenang di atasnya.

"Jika petugas bermain dan ikut membekingi, saya tidak segan menindak," ujarnya.

Selain itu, tema dari rakor ini juga terkait penuntasan tapal batas wilayah, baik antar nagari maupun antar kabupaten/kota. Sampai saat ini masih banyak titik-titik tapal batas yang belum terselesaikan.

"Untuk penyelesaian tapal batas agar segera dituntaskan. Ini tanggung jawab, mulai dari lurah, wali nagari, camat sampai bupati dan wali kota," kata dia. (rel.*)

Baca berita sebelumnya :  Baca halaman selanjutnya