Grab Perluas Pinjaman di Asia Tenggara Melalui Usaha Baru

"Grab Financial Services Asia, akan menawarkan produk pembiayaan mikro dan memanfaatkan jaringan Grab"
Ambil Financial Services Asia membangun alternatif yang dapat diandalkan untuk metode penilaian kredit tradisional (Net)

KLIKPOSITIF - Grab Asia Tenggara bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit Jepang Credit Saison Co Ltd untuk memberikan layanan pinjaman yang menandai perluasan perusahaan itu.

Perusahaan patungan baru mereka, Grab Financial Services Asia, akan menawarkan produk pembiayaan mikro dan memanfaatkan jaringan Grab dari jutaan konsumen dan usaha kecil serta data tentang perilaku konsumen, mencampurnya dengan keahlian Credit Saison dalam analisis kredit dan pinjaman konsumen.

Langkah tersebut dilakukan saat afiliasi Tencent's WeChat Pay dan Alibaba Group Holdings berafiliasi ke Asia Tenggara - menjadi rumah bagi beberapa ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan sekitar 640 juta orang dan basis pengguna mobile yang aktif. Rincian keuangan usaha tersebut tidak diungkapkan.

"Ambil Financial Services Asia membangun alternatif yang dapat diandalkan untuk metode penilaian kredit tradisional yang disesuaikan untuk mayoritas konsumen dan usaha kecil yang tidak diuntungkan di Asia Tenggara," kata Jason Thompson, direktur Grab Financial Services Asia.

Grab sudah menawarkan layanan mulai dari pembayaran hingga penghargaan dan layanan loyalitas. Grab beroperasi di delapan negara di Asia Tenggara dan mengatakan aplikasinya telah diunduh di lebih dari 86 juta perangkat mobile. Jaringan ini memiliki 2.6 juta driver dan menawarkan layanan makanan dan pengiriman bergengsi.

Dilansir dari laman reuters, analis memperkirakan adanya booming dalam layanan keuangan digital di Asia Tenggara, terutama di Indonesia - di mana mayoritas 250 juta penduduknya tidak memiliki rekening bank. "Masalah di Indonesia saat ini adalah bahwa ekonomi menengah sebenarnya tidak memiliki layanan keuangan," kata Thompson .

"Semua hal yang Anda ketahui dengan baik seputar sejarah kredit, penilaian kredit, semua ini tidak tersedia. Dalam dunia pemberian pinjaman, itu harus menjadi pembeda kami," jelasnya.