Ilmuwan Komitmen Perangi Perubahan Iklim

"ini menandai pertama kalinya negara-negara Persemakmuran berkumpul meminta pemerintah mengambil tindakan lebih lanjut"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Australian Academy of Science bergabung dengan sebuah koalisi internasional untuk badan-badan ahli yang meminta Persemakmuran Bangsa-Bangsa (PBB) membimbing tindakan terhadap perubahan iklim.

22 akademi nasional dari seluruh Persemakmuran mengeluarkan sebuah Pernyataan Konsensus tentang Perubahan Iklim menjelang Pertemuan Pemerintah Persemakmuran April (CHOGM) di Inggris Raya (Inggris).

Dilansir dari laman reuters, ini menandai pertama kalinya negara-negara Persemakmuran berkumpul meminta pemerintah mengambil tindakan lebih lanjut untuk mencapai emisi gas rumah kaca tanpa nol. Penandatangan pernyataan tersebut mewakili puluhan ribu ilmuwan dari seluruh dunia.

Sebagai penandatangan Kesepakatan perjanjian Paris 2015, Australia berkomitmen menjaga suhu global rata-rata meningkat di bawah dua derajat Celsius di atas tingkat pra-industri. David Day, Sekretaris Kebijakan Ilmiah di Akademi Ilmu Pengetahuan Australia mengatakan bahwa pencapaian prestasi itu hanyalah Langkah pertama.

"Sekalipun semua komitmen negara dari Perjanjian Paris terpenuhi, interpretasi terbaik dari data terakhir menunjukkan bahwa pada akhir abad ini iklim global kemungkinan tiga derajat Celsius di atas tingkat pra-industri," kata Day.

"Ini secara substansial lebih tinggi dari target Paris untuk membatasi pemanasan hingga kurang dari dua derajat, dan akan memiliki dampak besar yang mempengaruhi miliaran orang di seluruh dunia," jelasnya.