Alex Indra Lukman: Awasi dan Evaluasi Pelayanan Angkasa Pura

"Ini kan sudah menjadi tuntutan bahwa masyarakat punya kemampuan (naik pesawat, red), ya alhamdulillah. Tetapi Kementerian Perhubungan harus bisa mengawasi layanan penerbangan"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Minat masyarakat pada penggunaan transportasi udara lambat laun semakin meningkat, namun pelayanan penerbangan yang dilakukan oleh PT. Angkasa Pura I ataupun PT. Angkasa Pura II dinilai masih kurang, sehingga membutuhkan pengawasan dan evaluasi.

Anggota Komisi V DPR RI Alex Indra Lukman meminta Kementerian Perhubungan agar melakukan pengawasan dan evaluasi pada layanan penerbangan oleh Angkasa Pura.

“Saya minta kepada Kementerian Perhubungan untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap Angkasa Pura, terkait pelayanan penerbangan. Ini kan sudah menjadi tuntutan bahwa masyarakat punya kemampuan (naik pesawat, red), ya alhamdulillah. Tetapi Kementerian Perhubungan harus bisa mengawasi layanan penerbangan,” tandas Alex saat Rapat Kerja Komisi V dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajarannya, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, kemarin (Selasa, 13/3/2018).

Pernyataan tersebut dilontarkan Alex, lantaran dia pernah menemukan penumpang yang salah naik pesawat di Bandar Udara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat. Menurutnya, ini merupakan insiden yang tidak lazim. Terlebih lagi, persoalan pelayanan dan regulasi Perhubungan Udara ada dalam kewenangan Kementerian Perhubungan.

“Bayangkan Pak Menteri, ada penumpang yang salah naik pesawat saking penuhnya. Jadi penumpang memang banyak dan kesalahan penumpang diketahui ketika dia sudah duduk di dalam. Jadi harus di cek lagi. Saya menuntut pengawasan yang ketat untuk itu. Karena ini satu hal yang tidak lazim,” papar Alex.

Politisi Fraksi PDI Perjuangan ini berharap pemerintah hadir terhadap pelayanan transportasi yang layak dan nyaman kepada masyarakat. “Saya mengharapkan ada fungsi pemerintah hadir terhadap pelayanan masyarakat,” ujar Alex. (*)

Sumber: dpr.go.id