Truk CPO Terperosok di Pessel, Muatan Minyak Sawit Diserbu Warga

"Banyaknya warga yang mengumpulkan minyak tumpahan itu membuat jalan di lokasi sekitar jadi macet"
Warga beramai-ramai kumpulkan tumpahan minyak CPO (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Satu unit truk tangki pengangkut minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) bernomor polisi BK 8690 CN terperosok ke dalam lubang di Jalan Nasional, tepatnya di Kampung Rantau Batu Pasar, Nagari Punggasan, Kecamatan Linggosari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu 14 Maret 2018.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Akibatnya, muatan minyak mentah yang diangkut tangki tersebut tumpah di sepanjang badan jalan. Kondisi ini dimanfaatkan warga sekitar untuk mengumpulkan minyak tumpahan tersebut.

Tak hanya menggunakan botol plastik, tapi ada juga warga yang menggunakan jeriken dan ember untuk mengumpulkan minyak tumpahan itu.

Banyaknya warga yang mengumpulkan minyak tumpahan itu membuat jalan di lokasi sekitar jadi macet.

"Inikan menjadi rezki juga, menolong sambil bisa dibawa pulang. Kemungkinan bisa diolah atau dijual," kata Ferri (36) pada KLIKPOSITIF.

Ferri mengatakan, saat warga berupaya mengumpulkan CPO yang tumpah tersebut, tidak ada yang melarangnya, sebab kondisi ketika itu memang dalam berantakan.

"Tampaknya, sopirnya juga telihat sibuk. Jadi sama-sama mengumpulkan saja seperti dapat durian runtuh," jelasnya.

Dari keterangan masyarakat setempat, truk ini datang dari arah Tapan menuju Padang. Sesampainya di lokasi, ban mobil belakang sebelah kiri masuk lubang dan membuat truk ini oleng dan terperosok dalam kondisi miring, mirip seperti rebah kuda.

[Kiki Julnasri]