Bupati Pessel Minta Pelayanan di Puskesmas Tidak Beratkan Pasien

Hendrajoni
Hendrajoni (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Bupati Pesisir Selatan , Hendrajoni mengarahkan seluruh jajaran Puskesmas agar tidak mempersulit pelayanan terhadap keluarga kurang mampu yang terdesak membutuhkan pengobatan.

"Kalau masih ada yang menarik biaya, tanpa memperhatikan kondisi pasien terlebih dahulu, ini bisa beresiko bagi Puskesmas ," sebut Bupati Hendrajoni pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Akan Dibuka, Objek Wisata di Pessel Ini Malah Rusak Dihantam Gelombang Pasang

Ia menegaskan, setiap Puskesmas harus memiliki kebijakan yang tidak memberatkan pasien dalam menjalani pengobatan, apalagi untuk yang kurang mampu.

"Ini tergantung pada pasiennya sendiri. Kalau pasiennya saja susah makan, apakah harus ditagih juga. Ini harus ada inisiatif Puskesmas sendiri untuk mengatasi," terangnya.

baca juga: Pemkab Pessel Jadikan PSBB Tahap Tiga Sebagai Transisi ke New Normal

Ia menyarankan, setiap Puskesmas harus lebih cermat memperhatikan setiap kondisi pasien, terutama dalam persoalan biaya.

Lanjutnya menyikapi kondisi tersebut, pihaknya akan mengistruksikan seluruh Puskesmas untuk lebih bijak menjawab persoalan pelayanan kesehatan masyarakat.

baca juga: Kontak Dengan Pasien COVID, 37 Tenaga Puskesmas di Pessel Dikarantina

"Nanti saya juga akan kumpulkan seluruh pegawai Puskesmas , saya akan arahkan ini. Kalau ada ( Puskesmas ) yang tidak mengutamakan keselamatan masyarakat, tolong sampaikan ke saya," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]

baca juga: Kontak dengan Pasien Positif, 43 Warga Pessel Jalani Karantina COVID-19

Penulis: Iwan R