Menkeu: Pemanfaatan Anggaran Pendidikan Belum Optimal

"Jumlahnya mencapai 20 persen di APBN"
Menteri Keuangan, Sri Mulyani (Kemenkeu)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan penggunaan anggaran untuk pendidikan belum optimal.

Anggaran untuk pendidikan merupakan bagian dari pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang jumlahnya mencapai 20 persen di APBN.

Sebagai pembanding, ia mencontohkan Vietnam yang juga mengalokasikan 20% alokasi anggarannya di sektor pendidikan namun menghasilkan The Programme for International Student Assessment (PISA) Score yang lebih baik dari Indonesia.

"Itu hampir 10 tahun sesudah Indonesia mulai mengalokasikan 20% anggarannya untuk pendidikan," katanya.

Menurut dia, policy yang sama dialokasikan adalah di Vietnam. Namun hasil di Vietnam paling tidak kalau dilihat dari PISA Score-nya jauh lebih baik daripada Republik Indonesia.

Oleh karena itu, ia mengajak agar para stakeholders pendidikan agar dapat mengoptimalkan anggaran pendidikan yang sebesar 20% itu agar berdampak positif pada kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.

"Jadi ini bukan soal alokasi anggarannya , tapi masalahnya adalah bagaimana kita bisa meraih hasil yang bagus dari anggaran tersebut," jelas dia.(*)

Sumber: Kemenkeu