Kapan Penerimaan CPNS di Sumbar ? Ini Kata BKD

"alau bicara butuh, kita memang butuh, apalagi tiap tahunnya ada PNS yang pensiun"
Ilustrasi (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumbar masih menunggu kepastian dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) terkait penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Meskipun demikian, data kebutuhan PNS mulai dari tingkat kabupaten/kota dan Pemprov Sumbar telah disiapkan. Sebab seiring dengan moratorium penerimaan CPNS yang dilakukan tiga tahun terakhir, Sumbar terjadi kekurangan banyak PNS.

"Sampai sekarang belum ada kepastian akan adanya penerimaan CPNS. Kita tentunya masih menunggu adanya surat dari pusat sebelumnya mengusulkan beberapa kebutuhan untuk Sumbar," sebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Yulitar, kamis (15/3).

Ia mengatakan, penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 diprioritaskan untuk tenaga guru, kesehatan dan kontruksi yang tengah hangat saat ini. Menurut Yulitar, itu baru sebatas wacana belum bersifat informasi tertulis yang disampaikan Kemenpan-RB.

"Kalau bicara butuh, kita memang butuh, apalagi tiap tahunnya ada PNS yang pensiun. Tapi sekarang untuk penerimaan CPNS 2018 belum ada informasi pastinya dari Kemenpan-RB. Ya kita tunggu saja, tapi saat ini masing-masing kabupaten/kota dan di Pemprov Sumbar tengah didata kebutuhan PNS," jelasnya.

Meskipun demikian, ia belum menyebutkan berapa jumlah kebutuhan PNS di Sumbar, khususnya untuk tenaga kependidikan, kesehatan, dan kontruksi yang dikabarkan sangat dibutuhkan Sumbar.

"Sekarang data itu belum sampai ke BKD. Tapi dengan banyaknya pensiun tiap tahun, tentunya kebutuhan PNS juga cukup banyak. Diantaranya untuk guru, tenaga kesehatan dan tenaga kontruksi," ujarnya.

Menurutnya, jika memang ada penerimaan CPNS, maka Sumbar akan ... Baca halaman selanjutnya