Jokowi Hadiri KTT Istimewa ASEAN-Australia, Ini yang Akan Dibahas

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana, Jumat (16/3) pagi, bertolak menuju Sydney, Australia , sekitar pukul 07.15 WIB. Presiden beserta rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dalam kunjungan kali ini, Kepala Negara akan menghadiri ASEAN - Australia Special Summit 2018 yang membahas penguatan kerja sama ekonomi dan pemberantasan terorisme antara ASEAN dan Australia .

baca juga: Presiden Minta Perhatian Khusus untuk Daerah dengan Kasus Corona Tinggi

Dalam kunjungan tersebut, Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia dan menghadiri CEO Forum serta konferensi mengenai counter-terrorism.

Dari Sydney, Australia , Presiden akan melanjutkan perjalanan menuju Wellington, Selandia Baru. Kunjungan tersebut untuk memenuhi undangan Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern.

baca juga: Berdampak Positif, Industri Farmasi Raup Untung Besar di Tengah Pandemi COVID-19

Agenda ke Selandia Baru sekaligus menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Selandia Baru juga akan dimanfaatkan Kepala Negara untuk melakukan sejumlah pertemuan.

Mulai dari pertemuan bilateral dengan PM Ardern dan Gubernur Jenderal Selandia Baru, serta bertemu dengan sejumlah CEO dalam sebuah forum bisnis.

baca juga: Hari Ini Kulminasi Agung, Waktunya Meluruskan Arah Kiblat dengan Cara Ini

Presiden berharap kunjungan ke kedua negara ini memberikan sejumlah manfaat nyata bagi rakyat ketiga negara, baik Indonesia, Australia , maupun Selandia Baru.

Menurut siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Bey Machmudin, Sekretariat Presiden, Kepala Negara beserta rombongan direncanakan tiba kembali di Tanah Air pada Selasa dinihari, 20 Maret 2018. (*)

baca juga: Kerahkan Tentara untuk Disiplinkan Warga, Presiden: Jika Efektif Diperluas

Penulis: Eko Fajri