Studi: Ibu Menyusui Makan Banyak Lemak Sebabkan Pubertas Dini pada Anak-anak

"Pubertas awal menyebabkan peningkatan risiko diabetes atau masalah reproduksi di kemudian hari,"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Sebuah studi tentang tikus yang dikeluarkan di ENDO 2018 mengatakan ibu yang makan berlebihan selama menyusui dapat membuat anak-anak berisiko tinggi mengalami obesitas dan mengalami masa pubertas dini.

"Pubertas awal menyebabkan peningkatan risiko diabetes atau masalah reproduksi di kemudian hari," menurut makalah yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan ke-100 Endocrine Society di Chicago.

"Kami memberi tikus diet tinggi lemak sejak tanggal mereka melahirkan dan mulai menyusui sampai mereka menyapih anak-anak anjing mereka. Itu berlangsung 21 hari. Kelompok kedua dari tikus baru diberi diet rutin untuk jumlah waktu yang sama," kata Wang Mengjie, peneliti utama dalam hal ini.

Para peneliti menemukan bahwa memberi makan berlebihan ibu selama menyusui dapat menyebabkan obesitas pada anak anjing dan secara signifikan meningkatkan dimulainya pubertas mereka.

"Hasil ini menunjukkan bahwa fase menyusui adalah jendela kritis yang mempengaruhi saat pubertas terjadi," kata Wang, asisten peneliti pascasarjana di Universitas Toledo College of Medicine and Life Sciences di Toledo, Ohio.

Tes kesuburan pada tikus di masa dewasa menunjukkan bahwa mereka yang ibunya diberi makan makanan tinggi lemak saat menyusui memiliki ukuran sampah yang menurun, durasi yang lebih lama dari kawin hingga saat lahir dan tingkat kehamilan yang terganggu pada tikus betina dan jantan.

Dilansir dari laman xinhua, para peneliti juga menemukan tikus-tikus ini menderita intoleransi glukosa dan insensitivitas insulin, tanda-tanda peningkatan risiko terkena diabetes selama masa dewasa.

"Pemberian susu formula sangat dikenal meningkatkan risiko obesitas pada anak-anak. Temuan kami menyarankan, bagaimanapun, bahwa ketika ibu menyusui tidak makan makanan yang moderat dan sehat, juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan pada keturunannya," kata Wang.

Wang mencatat bahwa di seluruh ... Baca halaman selanjutnya