Nadi: Aku Juga Mau Jadi Wartawan, Bang!

"Jadi wartawan tidaklah sulit baginya"
Pesan duka untuk Julnadi, wartawan Harian Padang Ekspres yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas, Selasa 20 Maret 2018 siang (Istimewa)

Tulisan dari Abdullah Khusairi

"Kau mau jadi wartawan juga!?" dia tersenyum kecut. Saya tahu, dia harus dapat kerja selepas sarjana. Sarjana yang terbilang lama. Tapi ia masak. Dunia teater sudah tak diragukan lagi. Sastra sudah akrab. Jadi wartawan tidaklah sulit baginya.

Benar. Akhirnya dia jadi wartawan Harian Pagi Padang Ekspres. Pas ketemu, wajahnya bersih, pakaiannya necis. Tak culun lagi, seperti waktu mahasiswa. Senyumnya merekah. Sudah berani menyapa saya di kantin kampus.

Itulah Junaldi (32). satu dari sekian banyak wartawan muda yang bersemai di Kampus Lubuk Lintah, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Dia aktif di dunia kreatif, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Imam Bonjol (TIB) Padang.

Saya tak hendak menyebutnya satu-satu, siapa saja wartawan-wartawan muda itu. Tetapi mereka tahu itu. Mereka selalu curhat, “hendak jadi wartawan bang.” Dunia profesi yang entah bagaimana dalam benak mereka. Baik yang aktif di UKM Teater maupun di LPM Suara Kampus.

Saya beberapa kali menonton pertunjukan Junaldi, baik dia sebagai tokoh maupun dia jadi sutradara. Terakhir, dia naik panggung di Gedung Utama Taman Budaya Sumbar, beberapa tahun lalu. Bersama adik saya, Rafii Hidayatullah Nazari, garapan naskah Dt. Suhendri, Teater Noktah.

Saya baru tahu, Junaldi ditugaskan jadi koresponden Padang Ekspres di Kota Sawahlunto. Tulisan di blognya https://jinderapura.blogspot.co.id/, enak dibaca. Umumnya berita tentang Sawahlunto. dia sebentar lagi jadi orang sukses tentunya.

Tapi nasib berkata lain. Junaldi pergi untuk selamanya. Saya melihat kain panjang menutupi tubuhnya, yang keluar dari ambulan. Sebelumnya, berita bersileweran. Kartu Pers dikirim dari group ke group chat. Foto itu masuk ke Whatsapp Group. Pada foto itu, ada Firdaus Diezo (Eks Posmetro Padang), Debi Vernando (Redaktur Padang Ekspres Eks ... Baca halaman selanjutnya