Kebakaran Rumah Dapat Dihindari dengan Pemakaian Kompor Listrik, Kok Bisa?

"tanpa menggunakan gas, kompor listrik meminimalkan kemungkinan terjadinya ledakan oleh kompor gas di rumah Anda."
Ilustrasi (Indotrading)

KLIKPOSITIF - Tak bisa dipungkiri, terjadinya kebakaran rumah seringkali disebabkan karena kelalaian saat menggunakan kompor minyak tanah/gas ataupun karena kebocoran gas yang tak disadari. Selain dapat merugikan diri sendiri dan keluarga, kebakaran rumah juga berpotensi menyebar ke bangunan sekitar yang beresiko memperbesar jumlah kerugian materiil.

Nah, untuk menghindari kejadian yang marak terjadi itu, perusahaan BUMN Indonesia, PT PLN (Persero), terutama PLN Wilayah Sumbar tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk beralih pemakaian kompor minyak tanah/gas ke kompor listrik.

Dalam proses memasak, kompor listrik memungkinkan Anda memasak tanpa menggunakan api. Kompor listrik hanya memanaskan bagian permukaannya yang bersentuhan dengan peralatan masak. Selain itu, dengan kompor listrik Anda akan lebih mudah mengatur suhunya dibanding menggunakan kompor lainnya. Anda juga bisa mengatur panas kompor sesuai dengan masakan yang hendak anda masak. Api yang dihasilkan pun menyebar dan merata sehingga masakan anda cepat matang dengan baik.

Oleh karena itu, Kompor listrik merupakan pilihan terbaik yang aman dari ledakan gas. Kompor listrik menggunakan energi elektromagnetik untuk menghasilkan panas untuk memasak. Tanpa menggunakan gas, kompor listrik meminimalkan kemungkinan terjadinya ledakan oleh kompor gas di rumah Anda. Bahkan Anda bisa meninggalkan sesuatu yang sedang Anda masak tanpa perlu merasa terlalu cemas apabila lupa jika sedang memasak. 

Selain itu, banyak keunggulan lainnya yang bisa didapat dari pemakaian kompor listrik, seperti lebih ekonomis sehingga menghemat pengeluaran untuk keperluan memasak.

Kenapa kompor listrik bisa hemat? Nah, dari sebuah percobaan yang telah dilakukan, ternyata pemakaian kompor listrik untuk memasak makanan pada umumnya selama 1 jam dan biaya yang dibutuhkan hanya Rp880. Sementara jika menggunakan kompor gas, biaya yang dibutuhkan sebesar Rp1700 per jam. ... Baca halaman selanjutnya