RS Ibnu Sina di Pasaman Mulai April Layani Pasien BPJS ?

"Insyaallah, 1 April 2018 ini RSI Ibnu Sina Yarsi Panti akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Pasaman"
Ilustrasi (net)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Awal April 2018 Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Panti Kabupaten Pasaman direncakan akan mulai melayani pasien peserta BPJS Kesehatan di daerah setempat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Insyaallah, 1 April 2018 ini RSI Ibnu Sina Yarsi Panti akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Pasaman. Silahkan masyarakat Pasaman memilih mau dirawat dimana" kata Kepala BPJS Pasaman, Syafruddin pada KLIKPOSITIF, Sabtu 24 Maret 2018.

Dengan kehadiran RSI Ibnu Sina ini maka sedikit banyaknya akan menjawab adanya keluhan dari masyarakat terkait dengan kurangnya fasilitas kesehatan di Pasaman yang bekerjasama dengan BPJS. Dengan demikian, kedepannya sudah dua rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS.

Dijelaskannya, terkait dengan adanya keluhan pasien tentang ruangan rawat inap yang kosong atau penuh. Maka sesuai dengan Permenkes nomor 28 tahun 2014, jika kamar rawat kosong atau penuh maka rumah sakit harus merawat pasien ke kelas yang lebih tinggi selama 3 hari dan bebas biaya tambahan.

"Jika dalam tiga hari masih kosong, maka pasien ditawarkan untuk dirujuk ke Bukittinggi rumah sakit yang lebih tinggi tipenya" kata Syafruddin.

Seiring dengan itu, pihak rumah sakit harus menyediakan sarana dan prasarana rawatan di RSUD yang mencukupi. Sebab ini wajib disediakan oleh pemeritah daerah.

Karena rumah sakit pemerintah sesuai Perpres 12 tahun 2014, wajib bekerja sama dengan BPJS kesehatan meski sarana tidak cukup. Berbeda dengan rumah sakit swasta baru harus benar-benar tersedia lengkap sebelum kerjasama dilaksanakan. (Man St Pambangun)