Indonesia Perlu Susun Roadmap Pemberantasan Korupsi

"Korupsi jadi musuh bersama. Yang jadi keprihatinan, walau sudah dilakukan pemberantasan oleh semua penegak hukum, tapi korupsi tak kunjung berhenti"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Roadmap pemberantasan korupsi harus sudah disusun agar negeri ini bebas korupsi. Eksekutif dan legislatif perlu sejalan menyusun roadmap tersebut untuk mengeliminir kerugian negara. Saat ini, semua aparat penegak hukum masih terjebak pada penindakan yang masif. Pencegahan belum dipikirkan serius sebagai bagian dari roadmap ini.

Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mengemukakan hal ini saat mengikuti rapat kerja Komisi III DPR dengan Jaksa Agung, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (28/3/2018). Menurutnya, roadmap sudah urgen untuk segera disusun, karena korupsi jadi musuh bersama bangsa. Kejaksaan Agung mesti menyusun roadmap menuju negeri yang bebas korupsi. Zona integritas antikorupsi juga perlu dibangun di tengah masyarakat.

“Korupsi jadi musuh bersama. Yang jadi keprihatinan, walau sudah dilakukan pemberantasan oleh semua penegak hukum, tapi korupsi tak kunjung berhenti. Apa yang salah dari pemberantasan korupsi di negeri kita ini. Kalau penegak hukum hanya terbatas pada penindakan, maka harus diurai apa persoalan yang sesungguhnya,” ucap politisi Partai Demokrat ini.

Konsepsi yang paling dasar tentang bagaimana membebaskan negeri ini dari korupsi perlu dipikirkan semua elemen bangsa. Kejaksaan Agung harus mengambil peran strategis dalam penyusunan konsep dasar atau roadmap bebas korupsi itu. (*)

Sumber: dpr.go.id