Pemprov Sumbar Dukung Rohana Kudus Jadi Pahlawan Nasional

Foto bersama usai seminar nasional
Foto bersama usai seminar nasional (Humas Pemprov Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendukung pemberian gelar untuk Rohana Kudus yang dipelopori organisasi Rohana Kudus dan Pemerintah Kabupaten Agam.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar mengatakan banyak tokoh yang mempunyai peran penting dalam merintis kemerdekaan Republik Indonesia. Sebanyak 14 Pahlawan Nasional tercatat berasal dari Sumbar .

"Kami tentu sangat mendukung dan mengapresiasi perjuangan Organiasasi Rohana Kudus dan Pemkab Agam untuk mengusulkan Pahlawan perempuan dari bumi Minangkabau ini menjadi Pahlawan Nasional," ungkap Ali Asmar usai membuka seminar Mengusulkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Rohana Kudus , Rabu 28 Maret 2018 di Auditorium Gubernur Sumbar .

Baca Juga

"Pengusulan ini penting mengingat Rohana Kudus perempuan multitalenta dan pahlawan emansipasi wanita yang lahir di Koto Gadang,  Sumatera Barat,  seorang pendiri sekolah khusus perempuan "Amai Setia" dan  penulis,  wirausaha serta pemimpin redaksi, serta mendapat penghargaan sebagai wartawati perempuan pertama Indonesia" jelasnya.

Senada dengan Ali Asmar, Bupati Agam Indra Catri menilai, atas dasar perjuangan dan pengorbanan Rohana Kudus layak diberi anugerah sebagai pahlawan nasional.

Ia berharap  pengusulan gelar pahlawan nasional ini dapat berjalan lancar dan hasil seminar ini bisa melahirkan catatan sejarah tentang kisah Rohana Kudus .

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya hanya saja banyak orang yang berjasa bagi bangsa dan negara yang belum mendapat gelar pahlawan salah satunya Rohana Kudus , " jelas Bupati Kabupaten Agam. 

[Joni Abdul Kasir]

Baca Juga

Penulis: Iwan R

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com