Pemprov Sumbar Promosi Investasi ke Negara Paman Sam

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bertukar cendra mata plakat kenangan dan sesi foto bersama, selepas mempresentasikan dan memaparkan peluang investasi di bidang energy, pariwisata, kelautan, dan perdagangan di Ranah Minang di depan KADIN Illinois, Amerika Serikat
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bertukar cendra mata plakat kenangan dan sesi foto bersama, selepas mempresentasikan dan memaparkan peluang investasi di bidang energy, pariwisata, kelautan, dan perdagangan di Ranah Minang di depan KADIN Illinois, Amerika Serikat (Humas Pemprov Sumbar)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi ( Pemprov ) terus mempromosikan daerah dan menawarkan peluang investasi ke luar negeri. Kali ini, rombongan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengunjungi Amerika Serikat untuk membuka peluang promosi dan investasi di hadapan pengusaha negeri Paman Sam itu.

Saat berbicara di Forum Bisnis bertajuk "Business Opportunities in West Sumatera", Senin (26/3) lalu di Chicago, AS, Irwan Prayitno mengajak pengusaha Amerika Serikat untuk berinvestasi di bidang energi dan wisata.

baca juga: BBPOM di Padang Tetap Bekerja Maksimal Berikan Pelayanan Jaga Keamanan Obat dan Makanan di tengah Pandemi COVID-19

Dalam acara yang digagas KJRI Chicago ini, Gubernur Irwan Prayitno menjelaskan bahwa, sektor energi terbarukan di Sumbar , yakni geothermal dan hydropower, memiliki prospek kerja sama yang cerah.

Sementara di sektor wisata, kawasan Mentawai dan Mandeh menyimpan potensi pengembangan yang luar biasa. Hal ini seiring dengan makin terbukanya akses transportasi ke kedua kawasan tersebut.

baca juga: PSBB Jilid III, Camat Payakumbuh Selatan Siap Disiplinkan Warga di 6 Kelurahan

"Kami siap mendukung pengusaha Amerika Serikat, khususnya di kawasan Midwest, untuk memanfaatkan peluang investasi di Sumatera Barat," terang Gubernur Irwan Prayitno.

Kegiatan Forum Bisnis ini dihadiri Illinois Chamber of Commerce dan 30 orang pengusaha AS yang bergerak di sektor energi, wisata, infrastruktur dan industri makanan. Terdapat ketertarikan khusus dari para pengusaha industri makanan yang hadir terhadap rendang dan hasil industri perikanan Sumatera Barat.

baca juga: Perpanjang PSBB, Pemkab Pasbar Persiapkan Hal Ini

Sementara, Konsul Jenderal RI Chicago Rosmalawati Chalid menyebutkan bahwa, Indonesia membuka peluang investasi bagi pengusaha Amerika. Kondisi ekonomi Indonesia sudah membaik sehingga peluang investasi itu sangat besar.

"Reformasi ekonomi telah mendorong peningkatan ekonomi Indonesia. Hal ini terlihat dari membaiknya berbagai indikator makro ekonomi Indonesia. Kondisi inilah membuat berbagai lembaga dunia, seperti S&P dan Fitcha Ratings, menyatakan Indonesia sebagai negara tujuan investasi," kata Konsul Jenderal RI Chicago Rosmalawati Chalid.

baca juga: PSBB Tahap III Diberlakukan, Pemkab Pasbar Mulai Sosialisasikan New Normal

Selama mengikuti acara forum bisnis itu, Gubernur Sumbar yang didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu Sumbar , Maswar Dedi dan Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran di Amerika Serikat juga berbicara di hadapan forum agen travel Amerika, ASTA (America Society Travel Agent), Rabu (28/3) pagi waktu Chicago, di wisma KJRI Indonesia.

Kemudian rombongan juga mengunjungi The Adler Planetarium and Astronomy Museum Chicago.
Planetarium dan Museum Astronomi Adler di Chicago, Illinois adalah planetarium pertama yang dibangun di Hemisfer Barat dan paling tua. Planetarium ini dinyatakan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1987.

Rombongan juga mengunjungi University of Chicago Library. Perpustakaan yang berada di dalam lingkungan kampus Universitas Chicago ini meiliki ribuan koleksi buku dan telah berdiri sejak 1891. Gubernur didampingi Maswar Dedi dan Amran juga berkesempatan melakukan olahraga pagi di suhu yang sejuk dan dingin di Chicago, Kamis (29/3).

Selanjutnya, gubernur juga bertemu dengan Diaspora Indonesia dari Ranah Minang Bapak Edward Wanandi dan Ketua Diaspora Indonesia untuk Chicago Bapak Mustiko serta Konjen RI Chicago, ibu Rosmalawati Chalid dan tamu lainnya di salah satu Restoran di Chicago, Illinois, USA., Rabu (29/3) malam, waktu Chicago (GMT -5).

Gubernur juga berkesempatan mengunjungi kantor Dewan Islam Amerika (IFANCA). IFANCA merupakan sebuah organisasi yang diakui secara internasional sertifikasi halal, dikelola oleh sarjana yang berkualitas, staf teknis dan administrator. IFANCA secara internasional telah melakukan upaya-upaya mempromosikan konsep Halal, dan memberikan pengetahuan tentang bahan makanan, supplemen dan farmasi serta kosmetik yang sesuai syariah.

Dalam lawatan ke Chicago, Illinois, Amerika Serikat, gubernur juga meninjau fasilitas dan proses pendidikan di Northern illinois University (NIU) Chicago. Setelah melaksanakan pertemuan dengan civitas akademis Northern illinois University (NIU), saya melanjutkan dengan meninjau proses pembelajaran pada Center for Southeast Asian Studies NIU. Seluruh mahasiswa/i di illinois yang akan menyelesaikan pendidikan diwajibkan untuk mengusai bahasa asing selain bahasa inggris. Pada kesempatan itu gubernur mempromosikan Indonesia terutama Sumatera Barat dan berdiskusi bersama mahasiswa NIU dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Sebelumnya, didampingi Konjen RI untuk Chicago, Amerika Serikat, Ibu Rosmalawati Chalid, Senin (26/3) pagi (GMT-5) waktu setempat, gubernur bersama rombongan mengunjungi Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC). Di sini beragam karya dan produksi dalam negeri baik dari UKM dan Industri di promosikan dan di perkenalkan kepada warga Amerika Serikat yang bermukim di Chicago.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Webtorial