IAIN Jember Tuan Rumah Munas Mazawa se-Indonesia

"Munas ini menjadi momentum untuk aktualisasi diri menjadi bagian dari sumber daya manusia bidang zakat dan wakaf yang kompeten dan profesional"
Rektor IAIN Jember Babun Suharto beri arahan pada Pembukaan Munas Mazawa. (kemenag)

KLIKPOSITIF -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Nasional Mahasiswa Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) se-Indonesia. Musyawarah Nasional Mazawa ini adalah kali pertama yang diselenggarakan untuk menguatkan sinergi mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf seluruh Perguruan Tinggi Islam se-Indonesia.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengapresiasi penyelenggaraan Munas Mazawa ini. Menurutnya, mahasiswa prodi Mazawa memiliki prospek yang baik.

Babun mengatakan, saat ini kondisi nasional, lembaga zakat masih kekurangan sumber daya manusia. Sementara, pemerintah sedang gencar untuk mengelola zakat dan wakaf secara profesional.

“Kiprah dan peran mahasiswa program studi zakat dan wakaf dinanti oleh berbagai lembaga. Karena itu, Munas ini menjadi momentum untuk aktualisasi diri menjadi bagian dari sumber daya manusia bidang zakat dan wakaf yang kompeten dan profesional,” ungkap Babun Suharto saat memberikan arahan dalam pembukaan Munas Mazawa, Senin (02/04) di aula IAIN Jember.

Rektor juga menegaskan pentingnya sinergi mahasiswa manajemen zakat dan wakaf dengan lembaga-lembaga filantropi di luar kampus. Dikatakan Babun, zakat memiliki potensi yang besar dalam pemberdayaan ekonomi umat. Karena itu, mahasiswa prodi zakat wakaf diharapkan memiliki jiwa aktifis yang siap untuk mengembangkan lembaga zakat dan wakaf dengan bersinergi dengan lembaga filantropi di luar kampus.

“Perguruan tinggi harus memiliki kontribusi besar dalam pengembangan zakat dan wakaf dengan penelitian dan pengabdian masyarakat. Karena itu, saya berharap perhimpunan Mazawa ini menjadi bagian dari upaya mendukung perkembangan lembaga zakat dan Wakaf di Indonesia,” harap Guru Besar Ilmu Manajemen itu.

Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Jember Zainullah mengatakan, munas bertujuan memilih ketua dan susunan pengurus, membentuk AD ART, dan ... Baca halaman selanjutnya