Ini Cara Mendikbud Awasi Siswa Saat UNBK 2018

Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendy mendatangi SMK Negeri 6 di Jalan Profesor Joko Sutono, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (2/4/2018)
Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendy mendatangi SMK Negeri 6 di Jalan Profesor Joko Sutono, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (2/4/2018) (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendy usai mengunjungi SMK Negeri 29 Penerbangan Jakarta, kembali mendatangi SMK Negeri 6 di Jalan Profesor Joko Sutono, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (2/4/2018).

Kedatangan Muhadjir memantau siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) yang mulai dilaksanakan hari ini tanggal 2 - 5 April 2018.

baca juga: Gagal Berangkat, Bisnis Travel Haji dan Umrah Rugi Miliaran Rupiah

Setibanya, Muhadjir juga didampingi oleh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 bernama Aziza dalam melihat ruang kelas para siswa yang sedang menghadapi ujian. Hal sama dilakukan Muhadjir, hanya melihat kondisi peserta ujian dari pintu luar kelas, tak masuk ke dalam ruang kelas.

Namun, Muhadjir menanyakan kepada Aziza alasan tak ada pengawas di kelas untuk menjaga siswa yang melaksanakan ujian.

baca juga: Dokter: Kalau Mau Terapkan New Normal, Masyarakat Harus Cerdas

"Ibu, kenapa tak ada pengawas di dalam untuk memperhatikan siswa?" kata Muhadzir dilokasi, dilansir dari suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com.

Kemudian, Aziza mengatakan bahwa para siswa terpantau dari kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang disediakan disetiap sudut kelas.

baca juga: Tes Besar-besaran, 300 Orang Tanpa Gejala Ditemukan di Wuhan

"Kami pantau siswa kok pak, dari CCTV semua terlihat apa yang dilakukan siswa di dalam kelas," Aziza menjawab.

Selanjutnya, Aziza juga mengajak Muhadjir untuk melihat CCTV di salah satu ruangan sekolah dalam memperhatikan siswa yang melaksanakan ujian.

baca juga: Besarnya Kerusakan Ekonomi yang Timbul Akibat Covid-19

"Ini ruangannya pak. Semua terpantau pak," kata Azizah.

Menurut Muhadjir, untuk pengawas ujian harus tetap ada untuk mengontrol para siswa di dalam kelas.

Hal itu, disampaikan kembali oleh Aziza. Untuk pengawas sekolah tetap ada untuk mengontrol absen siswa maupun yang hendak pergi ke kamar kecil.

"Pengawasnnya tetap ada pak (Muhadjir). Untuk mengontrol siswa absen dan bila ada yang izin ke toilet. Pengawasa tetap ada pak," jawab Aziza.

Untuk siswa Kejuruan pelaksanaan UNBK dilaksanakan dari 2 April sampai 5 April 2018. Sedangkan UNBK tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah akan digelar pada 9 April sampai 12 April 2018.

Sementara itu, untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) akan dilaksanakan pada 23 April sampai 26 April 2018. (*)

Sumber: suara.com

Penulis: Eko Fajri