Dua Sekolah di Mentawai Belum Bisa Laksanakan UNBK

"Di lokasi tersebut, sebanyak 101 pelajar hanya bisa melaksanakan ujian menggunakan sistem yang biasa"
Ilustrasi UNBK (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hari ini, Senin 2 April 2018 sebanyak 25.458 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan di Sumatera Barat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018.

Ujian tersebut dilaksanakan di 198 sekolah. Namun, menurut catatan Pemerintah Provinsi Sumbar, masih ada dua sekolah lagi yang belum bisa melaksanakan ujian berbasis komputer tersebut.

Dua sekolah itu terletak di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Di lokasi tersebut, sebanyak 101 pelajar hanya bisa melaksanakan ujian menggunakan sistem yang biasa, yakni menggunakan alat tulis pensi.

"Dua sekolah itu hanya bisa melaksanakan ujian menggunakan pensil karena memang daerah tersebut belum terjangkau jaringan internet yang memadai," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Sumatera Barat Bustavidia.

Dengan kondisi seperti, Bustavidia mengklaim bahwa pelaksanaan UNBK tahun ini di Sumbar telah mencapai 99,6 persen. Bahkan, kata dia, harusnya bisa lebih dari itu.

Dilanjutkannya, sekolah yang menyelenggaran UNBK, ujian akan dilangsungkan dalam beberapa shift tergantung jumlah siswa. Hal itu lantaran fasilitas komputer yang terbatas. Untuk shift pertama, ujian nasional akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

"Jadwal pelaksanaan UN SMK ini akan berlangsung hingga Kamis 6 April 2017. Tiap harinya para siswa mengerjakan soal ujian untuk satu mata pelajaran," jelas dia.

[Joni Abdul Kasir]